Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Statistika

Authors

  • Nanis Su'udah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Fadilah Safinatu Salama SMA Negeri 1 Kencong

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6506

Keywords:

Problem Based Learning; berpikir kritis; Statistika

Abstract

Problem Based Learning mempersiapkan dan menantang peserta didik berfikir kritis, bekerja sama dalam kelompok untuk mencari solusi bagi masalah yang nyata. Berdasarkan hasil observasi pada kegiatan pra siklus kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X-1 masih dalam kriteria kurang kritis. Sehingga dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi statistika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif yang menggunakan rancangan spiral dari Kemmis & MC Taggart. Hasil dari penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Probelm Based Learning mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan persentase per indikator didapatkan hasil bahwa kemampuan berpikir kritis pada indikator pertama mengalami peningkatan dari hasil tes pada kegiatan siklus I sebesar 84%.dan siklus II 88% masuk pada kriteria sangat kritis. Pada indikator kedua memperoleh persentase 39% dari hasil tes pada siklus I dan 94% pada siklus II masuk dalam kriteria sangat kritis. Selanjutnya indikator yang ketiga memperoleh persentase sebesar 45% pada siklus I dan 82% pada siklus II sehingga masuk pada kriteria kritis. Indikator yang terakhir diperoleh persentase sebesar 43% pada siklus I dan 86% pada siklus II sehingga masuk kriteria sangat kritis. Persentase rata–rata berpikir kritis peserta didik pada saat kegiatan siklus I memperoleh persentase sebesar 57% dan siklus II menjadi 87% termasuk dalam kriteria sangat kritis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi statistika

References

Amala, F. (2013). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KOMPETENSI DASAR MENERIMA DAN MENYAMPAIKAN INFORMASI BAGI SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK CUT NYA’ DIEN SEMARANG. Universitas Negeri Semarang.
Amir, M. T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.
Arikunto, S., & Dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Darwati, I. M., & Accarya, I. M. P. W. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1).
Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Durohman. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PROJECT BASED LEARNING(PjBL) PADA MATERI STATISTIKA SMA. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 1–18.
Fakhriyah, F. (2014). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (1).
Herliati, H. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SDN 001 KEMPAS JAYA. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(5). https://doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8961
Johnson, B. E. (2008). Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Penerbit MLC.
JUNAIDI, J. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN SIKAP BERPIKIR KRITIS. Jurnal Socius, 9(1). https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i1.7767
Mas, R. B. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Rengel Kabupaten Tuban pada Materi Proses Masuknya Hindu-Buddha ke Nusantara melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11, no 3, 912 – 931.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Septiana, T. S., & Kurniawan, M. R. (2018). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 5 PADA MATA PELAJARAN PKN DI SD MUHAMMADIYAH KAUMAN TAHUN 2016/ 2017. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), (http://journal2.uad.ac.id/index.php/fundadikdas/issue/view/9). https://doi.org/Prefix 10.12928
Setiawan, J., & Royani, M. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Metode Inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-9.
Sukino. (2007). Matematika untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Thobroni, M., & Mustofa, A. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Su’udah, N., & Salama, F. S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Statistika. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 229–240. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6506