Implementasi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dalam Kurikulum PGSD

  • Nataria Wahyuning Subayani Universitas Muhamamdiyah Gresik
  • Siti Rahaimah Binti Ali Universiti Pendidikan Sultan Idris
  • Norazilawati binti Abdullah Universiti Pendidikan Sultan Idris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi ,dan menggali tentang  pembelajaran berbasis pendekatan STEM untuk mahasiswa calon guru sekolah dasar. Pembelajaran STEM sangat diperlukan bagi kalangan pendidikan dasar mulai dari guru pada level dasar, siswa sekolah dasar dan mahasiswa calon guru sekolah dasar. Tujuan pembelajaran STEM adalah agar anak memiliki literasi sains yang tinggi serta mampu menggunakannya atau mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penggalian ini diperlukan karena keikutsertaan negara Indonesia melalui pengukuran PISA, selalu menempatkan Indonesia pada peringkat bawah dalam pengukuran literasi sains, matematika dan Bahasa. Dengan program studi yang memiliki produk pembelajaran berbasis STEM maka akan mampu menyiapkan dan membekali calon lulusannya untuk menjadi calon guru SD yang memiliki bekal kemampuan akademik dan keterampilan dalam mengemas pembelajaran sains di SD berdasarkan STEM. Sehingga mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan literasi sains dan matematika untuk anak-anak SD di tempat mereka bertugas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 19, 2022
How to Cite
SUBAYANI, Nataria Wahyuning; ALI, Siti Rahaimah Binti; ABDULLAH, Norazilawati binti. Implementasi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dalam Kurikulum PGSD. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 28, n. 2, p. 49-59, sep. 2022. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4435>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4435.