Implementasi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dalam Kurikulum PGSD

Authors

  • Nataria Wahyuning Subayani Universitas Muhamamdiyah Gresik
  • Siti Rahaimah Binti Ali Universiti Pendidikan Sultan Idris
  • Norazilawati binti Abdullah Universiti Pendidikan Sultan Idris

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4435

Keywords:

STEM, PGSD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi ,dan menggali tentang  pembelajaran berbasis pendekatan STEM untuk mahasiswa calon guru sekolah dasar. Pembelajaran STEM sangat diperlukan bagi kalangan pendidikan dasar mulai dari guru pada level dasar, siswa sekolah dasar dan mahasiswa calon guru sekolah dasar. Tujuan pembelajaran STEM adalah agar anak memiliki literasi sains yang tinggi serta mampu menggunakannya atau mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penggalian ini diperlukan karena keikutsertaan negara Indonesia melalui pengukuran PISA, selalu menempatkan Indonesia pada peringkat bawah dalam pengukuran literasi sains, matematika dan Bahasa. Dengan program studi yang memiliki produk pembelajaran berbasis STEM maka akan mampu menyiapkan dan membekali calon lulusannya untuk menjadi calon guru SD yang memiliki bekal kemampuan akademik dan keterampilan dalam mengemas pembelajaran sains di SD berdasarkan STEM. Sehingga mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan literasi sains dan matematika untuk anak-anak SD di tempat mereka bertugas.

References

Afifah, A. N., Ilmiyati, N., & Toto, T. (2019). MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2). https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1910
Arikunto. (2010). Suharsimi Arikunto.pdf. In Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik-Revisi ke X.
Astuti, I. D., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2). https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1915
Becker, K. And Park, K. (2011). “Effects of integrative approaches among, STEM subjects on students learning.” Journal of STEM Education.
Fathoni, A., Muslim, S., Ismayati, E., Rijanto, T., Munoto, & Nurlaela, L. (2020). STEM : Inovasi Dalam Pembelajaran Vokasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1).
Komarudin, U., Rustaman, N. Y., & Hasanah, L. (2017). Promoting students’ conceptual understanding using STEM-based e-book. AIP Conference Proceedings, 1848. https://doi.org/10.1063/1.4983976
Melati, L. T. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Stem Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi.
Mendelsohn, M. L., Gathmann, A., Kardassi, D., Sachana, M., Hopwood, E. M., Dietz-Pfeilstetter, A., Michelsen-Correa, S., Fletcher, S. J., & Székács, A. (2020). Summary of Discussions From the 2019 OECD Conference on RNAi Based Pesticides. Frontiers in Plant Science. https://doi.org/10.3389/fpls.2020.00740
Miles, M., & Huberman, A. (2014). Miles and Huberman. In Qualitative Data Analysis: An expanded sourcebook.
Nieveen, N., & Folmer, E. (2013). Formative evaluation in educational design research. Educational Design Research. Part A: An Introduction.
OECD. (2016). OECD Factbook 2015/2016 - Economic, environmental and social statistics. In OECD Publishing.
Oner, A., Nite, S., Capraro, R., & Capraro, M. (2016). From STEM to STEAM: Students’ Beliefs About the Use of Their Creativity. STEAM. https://doi.org/10.5642/steam.20160202.06
Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 6(3).
Pranita, M. Y., Wisodo, H., & Yuliati, L. (2019). Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi melalui Pembelajaran Authentic Berbasis Inquiry for STEM Education. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12481
Ramli, N., & Talib, O. (2017). Can Education Institution Implement STEM? From Malaysian Teachers’ View. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences.
Reyza, M., Taqwa, A., Ardiansyah, A. A., & Nurhidayat, M. A. (2020). INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL RESEARCH AND REVIEW STEM on Science Learning in Indonesia: An Opportunity and A Challenge. Ejournal.Undiksha.Ac.Id, 3.
Rivai, H. P., Yuliati, L., & Parno. (2018). Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah konseptual dengan pembelajaran STEM berbasis masalah materi fluida dinamis pada siswa SMA Negeri 3 Batu / Helmi Pakas Rivai. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(8).
Sagala, R., Umam, R., Thahir, A., Saregar, A., & Wardani, I. (2019). The effectiveness of stem-based on gender differences: The impact of physics concept understanding. European Journal of Educational Research, 8(3). https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.3.753
Sanders, M. (2009). STEM, STEM education, STEMmania. The Technology Teacher.
sugiyono. (2010). Metode Penelitian kualitatif dan kuantitatif.
Torlakson, T. (2014). INNOVATE: A Blueprint for Science, Technology, Engineering, and Mathematics in California Public Education. In California Department of Education.
Widya, Rifandi, R., & Laila Rahmi, Y. (2019). STEM education to fulfil the 21st century demand: A literature review. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012208

Downloads

Published

2022-09-19

How to Cite

Subayani, N. W., Ali, S. R. B., & Abdullah, N. binti. (2022). Implementasi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dalam Kurikulum PGSD. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 49–59. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4435