OPTIMASI PRODUKSI TUNGGAK JATI MELALUI RANCANGAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI DENGAN BANTUAN SOFTWARE EXPERT CHOICE 11 (STUDY KASUS CV. XYZ)

  • togik hidayat Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Muchammad Candra Cahyo utomo

Abstract

Proses pengolahan tunggak jati menjadi produk yang memiliki nilai guna memerlukan keterampilan dan penunjang fasilitas produksi. Masalah yang dialami dalam pengolahan tunggak jati di CV.XYZ adalah kurang optimalnya produksi yang disebabkan tata letak fasilitas produksi berupa kendala dalam material handling dan proses pekerjaan . Penelitian ini bertujuan untuk melakukan optimasi produksi tunggak jati melalui perbaikan tata letak fasilitas produksi di CV. XYZ. Tahapan penelitian ini terdiri dari pemetaan lantai produksi, pemetaan layout fasilitas produksi, penentuan lokasi melalui  pendekatan Analytic Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan Expert Choice 11. Hasil pendekatan Activity Relationship Chart (ARC) dan perhitungan Total Closeness Rating (TCR) serta hasil penentuan tata letak fasilitas produksi dengan software Expert Choice 11 untuk menunjukan urutan pengalokasian fasiliatas produksi secara berurutan yaitu oven, sawmill, perakitan I (laminasi), Perakitan I (jointing) perakitan II (finishing)  perakitan II (packing) dan gudang. Penentuan oven pada awal kegiatan produksi tunggak jati dapat mempermudah material handling dengan hilangnya kandungan air, mengurangi potensi bahan baku rusak/ pecah atau berubah bentuk karena proses oven setelah dilakukan pemotongan degan sawmill sehingga mempermudah proses produksi karena CV.XYZ lebih mudah menentukan jumlah tenaga kerja dan jumlah produksi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 31, 2020
How to Cite
HIDAYAT, togik; CAHYO UTOMO, Muchammad Candra. OPTIMASI PRODUKSI TUNGGAK JATI MELALUI RANCANGAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI DENGAN BANTUAN SOFTWARE EXPERT CHOICE 11 (STUDY KASUS CV. XYZ). MATRIK (Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi), [S.l.], v. 20, n. 2, p. 59 - 66, mar. 2020. ISSN 2621-8933. Available at: <http://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/1062>. Date accessed: 10 july 2020. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v20i2.1062.
Section
Articles