Hubungan Antara Konsep Diri Akademis Dengan Resiliensi Akademis Pada Mahasiswa

Authors

  • Stefa Bella Fitra Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Rahma Widyana Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Mulianti Widanarti Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30587/psikosains.v16i2.4561

Keywords:

Konsep Diri Akademis, Resiliensi Akademis, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri akademis dengan resiliensi akademis pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, yaitu terdapat hubungan positif antara konsep diri akademis dengan resiliensi akademis pada mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 100 orang mahasiswa jurusan psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Pengambilan data penelitian ini menggunakan skala Konsep Diri Akademis dan skala Resiliensi Akademis. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,822 dengan p = 0,000 (p < 0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara konsep diri akademis dengan resiliensi akademis pada mahasiswa. Diterimanya hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,676, artinya variabel konsep diri akademis memberikan sumbangan efektif sebesar 67,6% terhadap variabel resiliensi akademis dan sisanya 32,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

References

Andriani, T. R., & Kuncoro, J. (2020). Hubungan Antara Konsep Diri dan Penyesuaian Diri Dengan Resiliensi Mahasiswa Dalam Menghadapi Banjir dan Rob di UNISSULA. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 1(1), 69-76.
Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Carlock, J. (1999). Enhancing Self-Esteem (3th Ed). New York: Routledge.
Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A New Multidimensional Construct Measure. Frontiers in Psychology, 7.
Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003). Development Of A New Resilience Scale: The ConnorDavidson Resilience Scale (CD-RISC). Journal Of Depression And Anxiety, 18, 76-82.
Corsini, R. (2002). The Dictionary of Psychology. London: Brunner/Mazel.
Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ekasari, A., & Andriyani, Z. (2013). Pengaruh Peer Group Support Dan Self-Esteem Terhadap Resilience Pada Siswa SMAN Tambun Utara Bekasi. Jurnal Soul, 6(1), 1-20.
Everall, R.D, Jessica, K and Paulson. (2006). Creating a future: A study of resilience in suicidal female adolescent. Journal of Counseling and Development, 84(1), 461-470. Diakses dari (http://www.onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/j.1556-6678.2006.tb00430.x).
Gizir, C. A. (2004). Academic Factors Contributing to the Academic Achievement of Eight Grade Student of Proverity. Thesis Departement Educational Science of Middle East.
Hartaji, D. A. (2012). Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa yang Berkuliah dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.
Irianto, M. A., Rahman, F., & Abdillah, H. Z. (2021). Konsep Diri Sebagai Prediktor Resiliensi Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 10(1), 1-10.
Makarim, F. (2019). “Mahasiswa ITB Bunuh Diri, Stres Belajar Bikin Depresi?”. Dalam Halodoc, edisi 05 September 2019. Diakses 4 Mei 2019 dari https://www.halodoc.com/mahasiswa-itb-bunuh-diri-stres-belajar-bikin-depresi.
Marsh, H. W. (2003). A Reciprocal Effect Model Of The Causal Ordering Of Academic Self Concept and Achievement. Proquest Psychology Journals.
Marsh, H. W., Pekrun, R., Murayama, K., Arens, A. K., Parker, P. D., Guo, J., & Dicke, T. (2018). An integrated model of academic self-concept development: Academic self-concept, grades, test scores, and tracking over 6 years. Developmental psychology, 54(2), 263.
Martin, A. J., & Marsh, H. (2003). Academic Resilience and the Four Cs: Confidence, Control, Composure, and Commitment. Paper presented at NZARE AARE, (Online). Diakses pada 29 April 2020 dari http://www.researchgate.net/publication/135929608_Acdemic_ Resilience_and_the_Four_Cs_Confidence_Control_Composure_and_Commitment.
Morales, E. E., & Trotman, F. (2004). Promoting Academic Success Resilience in Multicultural America: Factors Affecting Student Success. New York: Peter Lang.
Oktaviany, W. C. (2018). Perbedaan Tingkat Resiliensi Akademis Ditinjau dari Locus of Control pada Mahasiswa Akhir. (Skripsi). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.
Pfeiffer, D. (2001). Academic and Environmental Stress Among Undergraduate and Graduate College Students: A literature review.
Qonita, I., Dahlan, T. H., & Damaianti, L. F. (2021). Stres akademik sebagai mediator kontribusi konsep diri akademik terhadap keterlibatan mahasiswa dalam perkuliahan daring. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 119-132.
Rana, A., Gulati, R., & Wadhwa, V. (2019). Stress Among Students: An Emerging Issue. Integrated Journal of Social Sciences, 6(2), 44-48.
Rachmawati, D., & Listiyandini, R. A. (2014). Peran konsep diri terhadap resiliensi pada pensiunan. Jurnal Psikogenesis, 3(1), 1-12.
Rumahorbo, A. W. (2014). Hubungan Antara Konsep Diri Akademis dengan Self Regulated Learning pada Mahasiswa Penghuni Asrama Mahasiswa Universitas Sumatera Utara.
Sianturi, V. (2019). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Resiliensi Akademis pada Mahasiswa Teknik di Universitas HKBP Nommensen Medan.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Tito, A. (2014). Hubungan Konsep Diri dengan Body Dysmorphic Disorder (BDD) pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang Angkatan 2012. (Disertasi). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.
Wibowo, U. F. (2018). Resiliensi Akademis Mahasiswa yang Sedang Menempuh Skripsi. (Disertasi). Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Downloads

Published

2022-09-12

How to Cite

Fitra, S. B., Widyana, R., & Widanarti, M. (2022). Hubungan Antara Konsep Diri Akademis Dengan Resiliensi Akademis Pada Mahasiswa. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 16(2), 117–127. https://doi.org/10.30587/psikosains.v16i2.4561

Issue

Section

Original Research

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.