Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Adaptabilitas Karier Dosen Tetap Di Universitas X

Authors

  • Rosdiyyana Silmi Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/psikosains.v16i1.4540

Keywords:

Adaptabilitas Karir, Regulasi Diri

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara regulasi diri terhadap adaptabilitas karier dosen tetap yang bekerja di Universitas X. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jumlah populasi yang terdiri dari 72 dosen tetap yang sudah memiliki jabatan fungsional. Jadi, sampel pada penelitian ini adalah 95% dari seluruh anggota populasi yaitu sejumlah 62 dosen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil regresi diperoleh nilai signifikansi 0,000 yang jauh dibawah 0,05, jadi dapat disimpulkan bahwa variabel adaptabilitas karier dipengaruhi oleh variabel regulasi diri dengan persamaan matematis y = 43,418 + 2,167x. Koefisien regresi regulasi diri sebesar 2,167 menyatakan bahwa semakin tinggi tingkat regulasi diri maka semakin tinggi pula tingkat adaptabilitas karier. Hasil koefisien (r2) dari dari r = 0,860 = 0,739, yang menunjukkan bahwa konstribusi variabel regulasi diri terhadap adaptabilitas karier sebesar 73,9%, sedangkan sisanya 26,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Berdasarkan analisis data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa regulasi diri berpengaruh terhadap adaptabilitas karier dosen tetap yang bekerja di Universitas X.

References

Azwar, S. ( 2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. ( 2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baumeister, R. F., & Vohs, K. D. (2007). Self-Regulation, Ego Depletion, and Motivation. Social and Personality Psychology Compass, 1 (1), 115-128.
Bocciardi, F., Caputo, A., Fregonese, C., Langher, V., & Sartori, R. (2017). Career Adaptability As A Strategic Competence For Career Development: An Exploratory Study of Its Key Predictors. European Journal of Training and Development, 41 (1), 67-82.
Brown, Steven D., Lent, Robert W., (2013). Career Development and Counseling. New Jersey: Wiley.
Carey, K. B., Neal, D. J., & Collins, S. E. (2004). A Psychometric Analysis of The Self-Regulation Questionnaire. Addictive Behaviors, 29 (2), 253-260.
Collins, N. L., & Read, S. J. (1990). Adult Attachment, Working Models, and Relationship Quality in Dating Couples. Journal of Personality and Social Psychology, 58 (4), 644-663.
Creed, P. A., Fallon, T., & Hood, M. (2009). The Relationship Between Career Adaptability, Person And Situation Variables, And Career Concerns in Young Adults. Vol. 74. Journal of Vocational Behavior, 219-229.
Fitri. (2011). Seputar Penetapan Inpassing Pangkat Dosen Bukan PNS. (Online). (http://lldikti12.ristekdikti.go.id/2011/02/25/seputar-penetapan-inpassing-pangkat-dosen-bukan-pns.html). Di akses pada 05 April 2019 pada pukul 21.46 WIB.
Ghozali, Imam. (2011). Ekonometrika. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, Ce. (2018). Mahir Menguasai SPSS. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Hartung, P. J., Porfeli, E. J., & Vondracek, F. W. (2008). Career Adaptability in Childhood. The Career Development Quarterly, 57(1), 63-74.
Hirschi, A. (2009). Career Adaptability Development in Adolescence: Multiple Predictors and Effect on Sense of Power and Life Satisfaction. Journal of Vocational Behavior. 74 (2), 145-155.
Hirschi, A., Niles, S. G., & Akos, P. (2011). Engagement in Adolescent Career Preparation: Social Support, Personality and The Development of Choice Decidedness and Congruence. Journal of Adolescence, 34 (1), 173-182.
Kurniawan, Robert, dkk. (2016). Analisis Regresi. Jakarta: PT. Kencana.
Maree, J. G., & Hancke, Y. (2011). The value of life design counselling for an adolescent who stutters. Journal of Psychology in Africa, 21 (3), 479-485.
Maree, Kobus. (2017). Psychology of Career Adaptability, Employability, and Resilience. South Africa: Springer.
Masturi, dkk. (2013). Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas X MAN 2 Kudus. Vol. 6 No.2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMK.
Merino, Tejedor E., Hontangas, P. M., & Boada-Grau, J. (2016). Career Adaptability and Its Relation to Self-Regulation, Career Construction, and Academic Engagement Among Spanish University Students. Journal of Vocational Behavior, 93, 92-102.
Nanda, Rifda Riski. (2018). Pengaruh Kelekatan Emosional, Dukungan Sosial, Dan Regulasi Diri Terhadap Adaptabilitas Karier Pada Wanita Karier Yang Telah Berumah Tangga. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. (Online). (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/ bitstream/ 123456789/46172/1/RIFDA%20RISKI%20NANDA-FPSI.pdf). Di akses pada 05 April 2019 pada pukul 11.00 WIB.
Pemerintah Indonesia. (2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Lembaran RI Tahun 2005 No. 14. Jakarta : Sekretariat Negara. (Online). (http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/ UU14-2005GuruDosen.pdf). Di akses pada 01 Mei 2019 pada pukul 11.05 WIB.
Pemerintah Indonesia. (2014). Peraturan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 4/VIII/PB/2014 dan Nomor 24 Tahun 2014 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2013 Sebagaimana Telah Diubah Dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2013 Tentang Jabatan Fungsional Dosen Dan Angka Kreditnya. Lembaran RI Tahun 2014. Jakarta : Sekretariat Negara. (Online). (https://www.bkn.go.id/wp-content/uploads/2015/08/perbersama-mendikbud-no.4-viii-pb-2014-dan-kepala-bkn-no.24-tahun-2014-ketentuan-pelaksanaan-permenpan-dan-rb-no.17-tahun-2013-diubah-dengan-permenpan-dan-rb-no.46-tahun-2013-tentang-jf-dosen-dan-ak.pdf). Di akses pada 01 Mei 2019 pada pukul 12.15 WIB.
Pichardo, C., Justicia, F., de la Fuente, J., Martínez-Vicente, J. M., & Berbén, A. B. (2014). Factor Structure of The Self-Regulation Questionnaire (SRQ) at Spanish Universities. The Spanish Journal of Psychology, 30 (2), 66-81.
Porfeli, E. J., & Savickas, M. L. (2012). Career Adapt-Abilities Scale-USA Form: Psychometric Properties and Relation to Vocational Identity. Journal of Vocational Behavior, 80 (3), 748-753.
Sari, Eka Mala. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Tahun 2014. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung. (Online). (http://digilib.unila.ac.id/8472/ 17/BAB%20III.pdf). Di akses pada 11 Juni 2019 pada pukul 15.20 WIB.
Savickas, M. L. (1997). Career adaptability: An integrative construct for life‐span, life‐space theory. The career development quarterly, 45(3), 247-259.



Savickas, M. L., Nota, L., Rossier, J., Dauwalder, J. P., Duarte, M. E., Guichard, J., & Van Vianen, A. E. (2009). Life designing: A paradigm for career construction in the 21st century. Journal of vocational behavior, 75(3), 239-250.
Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2011). Revision of the career maturity inventory: The adaptability form. Journal of Career Assessment, 19(4), 355-374.
Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2012). Career Adapt-Abilities Scale: Construction, reliability, and measurement equivalence across 13 countries. Journal of vocational behavior, 80 (3), 661-673.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alvabeta.
Suhartin, Ni Retno. (2018). Hubungan Prestasi Akademik dan Adaptabilias Karier pada Lulusan Perguruan Tinggi di Kota Surabaya. Skripsi. Surabaya: Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. (Online). (http://repository.untag-sby.ac.id/1259/2/BAB%20I.pdf). Di akses pada 11 Juni 2019 pada pukul 10.15 WIB.
Tian, Y., & Fan, X. (2014). Adversity Quotients, Environmental Variables and Career Adaptability in Student Nurses. Journal of Vocational Behavior, 85(3), 251-257.
Van Ecke, Y. (2007). Attachment Style and Dysfunctional Career Thoughts: How Attachment Style Can Affect The Career Counseling Process. The Career Development Quarterly, 55(4), 339-350.
Wicaksono, Khairul Amry. (2015). Hubungan Antara Self-Efficacy dan Self-Regulation dengan Perencanaan Karir pada Mahasiswa Semester 8 Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. (Online). (https://lib.unnes.ac.id/21913/1/1511411012-s.pdf). Diakses pada tanggal 30 November 2019 pada pukul 14.15 WIB.
Widhiarso, Wahyu. (2011). Uji Hipotesis Komparatif. Yogyakarta: FP UGM

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

Silmi, R. (2022). Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Adaptabilitas Karier Dosen Tetap Di Universitas X. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 16(1), 44–55. https://doi.org/10.30587/psikosains.v16i1.4540

Issue

Section

Original Research

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.