Gambaran Perbedaan Reaksi Stres Anak Pra Taman Kanak-Kanak (PRA TK) Yang Mengikuti Les Calistung (Membaca, Menulis, Dan Berhitung) Dan Tidak Mengikuti Les Calistung (Membaca, Menulis Dan Berhitung)
DOI:
https://doi.org/10.30587/psikosains.v16i1.4539Keywords:
Stres, Anak Pra TK, CalistungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui gambaran perbedaan reaksi stres anak Pra Taman Kanak-Kanak (PRA TK) yang mengikuti les calistung (membaca menulis & berhitung) dan tidak mengikuti les calistung (membaca menulis & berhitung). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus intrinsik. Subjek penelitian sebanyak 4 orang, dengan karakteristik: anak pra TK (3-4 tahun) yang mengikuti les calistung minimal 2 bulan dan anak pra TK (3-4 tahun) tidak mengikuti les calistung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan pedoman umum, observasi non partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meyimpulkan bahwa kedua kelompok memiliki faktor penyebab stres yang berbeda. Gambaran stres yang dialami kedua kelompok adalah pada ciri kognitif (sulit berkonsentrasi) dan ciri fisik (cepat sakit) kedua kelompok memiliki persamaan reaksi stres. Sedangkan pada ciri perilaku dan ciri psikis kedua kelompok memiliki reaksi stres yang berbeda.
References
Elkind, D. (2001). Much too early. Education Matters, 9-15. (online), http://educationnext.org/files/ednext20012_8a.pdf, diakses pada 15 Desember 2017.
Gunarsa, S. D. (2001). Menyikapi periode kritis pada anak dan dampaknya pada profil kepribadian. Dalam Munandar, S. C. U. (Eds). Bunga rampai: Psikologi perkembangan pribadi dari bayi sampai lanjut usia. Jakarta: UI-Press.
Nurbiana, D., dkk. (2008). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Pratiwi, E. (2015). Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini Antara Manfaat Akademik Dan Resiko Menghambat Kecerdasan Mental Anak, jurusan PG-PAUD FKIP UAD Yogyakarta, 7 November.
Santrock, J.W. (2007). Perkembangan anak jilid 2 edisi 11. Jakarta: Erlangga.
Sinaga, M.A.J., Prasetya, B.E.A., & Murti, H.A.S. (2015). Stres Akademik Antara Anak Taman Kanak-kanak yang Mendapat Pengajaran Membaca dan Tidak Mendapat Pengajaran Membaca. Tugas Akhir. Salatiga: Psi Univ.