DEDIKASI GURU DITINJAU DARI PSYCHOLOGYCAL WELL-BEING
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat psychological well-being terhadap tingkat dedikasi guru SMAN “X” di Gresik.Tipe penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah berjumlah 62 guru SMAN Xdi Gresik. yang digunakan adalah seluruh GuruSMAN “X” sejumlah 62 orang.Kedua variabel diukur dengan skala likert.Koefisien reliabilitasskalapsychological well-being sebesar 0,888. Koefisien reliabilitas skala dedikasi guru sebesar 0,781. Data penelitian diolah dengan teknik regresi sederhana. Nilai F = 60.658 mengindikasikan persamaam garis regresi y = 25.023 + 357xadalah secara statistik signifikan. Nilai t hitung =7.788, dengan nilai p = 0,00< 0,05, sehinggaHo ditolak dan Ha diterima. Hal itu berarti psychological well-beingberpengaruh secara signifikan terhadap dedikasi guru.Nilai R Square sebesar 0,503 menginformasikan bahwa sumbangan tingkat psychological well-being terhadap tingkat dedikasi guru sebesar 50,3%, sedangkan sisanya 49,7% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.