KEGIATAN MENGAJAR SERTA IMPLEMENTASI KEGIATAN MERONCE UNTUK MELATIH FOKUS KEPADA ANAK USIA DINI
Abstract
Fokus/ konsentrasi yang dimiliki oleh anak usia dini merupakan kemampuan yang memusatkan perhatiannya pada kondisi kegembiraan yang relevan. Anak usia dini yang bisa memberikan perhatian dapat melakukan konsentrasi dipengaruhi oleh berberapa faktor yaitu faktor internal berupa memikirkan kejadian yang telah terjadi, memikirkan kejadian yang akan datang, merasa tertekan (chocking), kelebihan dalam menganalisis mekanisme tubuh, mental, dan kurangnya motivasi. Sedangkan faktor eksternal berupa adanya gangguan visual seperti ketakutan dengan suara hewan, maupun bau bau yang menyengat sehingga fokus yang didapat oleh anak usia dini perlu ditingkatkan dengan membaur dengan anak tersebut, serta memberi motivasi dukungan pada saat pembelajaran, penggunakan kata-kata motivasi juga, dapat membentuk kebiasaan anak usia dini dari segi penampilan dan berpengaruh terhadap proses pertumbuhan.