SOSIALISASI KEGIATAN DIGITAL MARKETING PADA PELAKU UMKM DI KELURAHAN BRONDONG

  • Novia Ramadhani Kurnianti Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Zakaria Arizonda Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Slamet Asari Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Sosialisasi kegiatan digital marketing di Kelurahan Brondong saat itu sangat menguntungkan bagi para pelaku UMKM. Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran ataupun promosi melalui media internet ataupun digital secara online. Tujuan dari kegiatan KKN ini ialah untuk memberikan pemahaman mengenai peranan digital marketing dalam upaya meningkatkan penjualan produk UMKM yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Brondong Kecamatan Brondong kabupaten Lamongan. Peralihan tren pemasaram dari pemasaran secara offline ke media online menyebabkan para pelaku UMKM yang tidak memanfaatkan potensi digital marketing kehilangan kesempatan untuk mengembangkan usahanya. Sosialisasi ini diikuti oleh para pelaku UMKM Kelurahan Brondong. Para pelaku UMKM disana masih kurang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usahanya. Umumnya para pelaku UMKM belum bisa menggunakan digital marketing dengan memanfaatkan jejaring sosial sebagai media pemasaran. Para peserta sosialisasi sangat antusias dengan materi dan pemaaparan yang disampaikan. Kondisi ini diharapakn agar dapat memotivasi para pelaku UMKM mempraktekkan ilmu yang didapat, sehinga usahanay semakin berkembang dan dapat bersaing pada pasar yang lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 26, 2023
How to Cite
KURNIANTI, Novia Ramadhani; ARIZONDA, Zakaria; ASARI, Slamet. SOSIALISASI KEGIATAN DIGITAL MARKETING PADA PELAKU UMKM DI KELURAHAN BRONDONG. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 242-249, oct. 2023. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/6640>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6640.
Section
Articles