PENGARUH FAKTOR FAKSI MASSA CAMPURAN KOMPOSIT ABU SEKAM PADI DAN TEMPERATUR PEMANASAN TERHADAP SIFAT MEKANIK (UJI TEKAN DAN UJI DAYA SERAP AIR)

  • Rony Azmi Faisal Universitas Trunojoyo Madura
  • Anis Arendra Universitas Trunojoyo Madura
  • Sugeng Purwoko Universitas Trunojoyo Madura
  • Mu' alim Universitas Trunojoyo Madura
  • Ahmad Mu’izzuddin sholih Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Kemajuan lifestyle manusia dapat menimbulkan tantangan baru. Bahan alternatif menjadi solusi dalam permasalahan tersebut, salah satunya dengan penerapan 6R (Reuse, Recycle, Redesign, Remanufacture, Reduce, Recovery). Campuran Komposit dikembangkan untuk bahan pengganti logam dikarenakan Campuran Komposit mempunyai sifat mekanis yang baik. Abu sekam padi, serpihan limbah kayu, dan bahan lainnya yang mempunyai serat merupakan bahan alami dapat digunakan dalam pembuatan campuran komposit. Data statistik Indonesia merekap yang dimana adanya hasil panen padi mencapai 79.141 juta ton gabah kering yang sudah tergiling. Tingginya panen padi tersebut juga akan menghasilkan limbah abu sekam padi yang melimpah sesuai dengan banyaknya panen padi. berpotensi digunakan sebagai jenis SCM (suplementary Cementitious Material) karena aktivitas pozzolan yang tinggi dan jumlah silika yang besar sebanyak 80 hingga 85% silika yang sangat reaktif. Hal tersebut menjadikan potensi besar limbah abu sekam padi di Indonesia untuk dijadikan bahan campuran pembuatan produk batako. Penelitian  ini bertujuan mengkur batako dengan campuran sekam padi, variabel independentnya yaitu temperatur pemanasan yang digunakan benda uji yaitu 3 level (40℃, 50℃,60℃) dan Faksi Massa campuran Batako Massa Semen (1 Pc); Massa Pasir (6 Ps); dan prosentase Abu sekam padi yaitu 3 level (10%, 15%, 20%). Sedangkan variabel dependentnya uji tekan dan uji prosentase daya serap air dengan analisa anova dan uji tukey.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 30, 2024
How to Cite
FAISAL, Rony Azmi et al. PENGARUH FAKTOR FAKSI MASSA CAMPURAN KOMPOSIT ABU SEKAM PADI DAN TEMPERATUR PEMANASAN TERHADAP SIFAT MEKANIK (UJI TEKAN DAN UJI DAYA SERAP AIR). Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 25, n. 1, p. 49 - 58, sep. 2024. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/7868>. Date accessed: 26 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v25i1.7868.
Section
Articles