MENENTUKAN SUPPLIER BATUBARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY MULTI CRITERIA DECISION MAKING DI PT. PETROKIMIA GRESIK

  • Mahendra Sukrisna

Abstract

Untuk pemenuhan kebutuhan produksi pupuk yang terus meningkat, dan terbatasnya bahan bakar gas yang digunakan untuk bahan baku ammonia dan energi cair yang tidak dipilih karena harga yang sangat mahal, maka PT. Petrokimia Gresik menggunakan batubara sebagai sumber energi. Pada periode awal penentuan supplier batubara perusahaan hanya berpatokan pada harga yang paling murah dan kalori yang tinggi, sehingga terjadi permasalahan pada proses produksi. Beberapa permasalahan yang dihadapi antara lain keterlambatan pengiriman batubara, ukuran batubara yang besar-besar dan ash content yang tinggi. Dengan pemilihan supplier yang tepat diharapkan tidak terjadi lagi permasalahan pada proses produksi.
Metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM) digunakan karena sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan. Kriteria yang digunakan adalah harga, kalori, partikel size, kadar ash, lama pengiriman dan kapasitas. Untuk proses perhitungan meliputi langkah – langkah : simbolisasi kriteria, pengelompokkan rating data dengan fungsi segitiga,, perhitungan nilai yi qi dan zi, perhitungan nilai F, sorting data nilai F dari setiap supplier.
Setelah proses perhitungan dengan metode FMCDM, maka didapatkan nilai F dari masing – masing perusahaan. 4 supplier dengan nilai F tertinggi direkomendasikan ke perusahaan, antara lain PT. Pelita Bintang Lima (0.50781), PT. Bumi Pertiwi (0.40625), PT. Jasa Bumi Sentosa (0.40625) dan PT. Pemuda Pembangunan (0.37500).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 18, 2018
How to Cite
SUKRISNA, Mahendra. MENENTUKAN SUPPLIER BATUBARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY MULTI CRITERIA DECISION MAKING DI PT. PETROKIMIA GRESIK. Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 21-26, sep. 2018. ISSN 2621-8933. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/matriks/article/view/547>. Date accessed: 04 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v16i1.547.
Section
Articles