Pengaruh Metode Buzz Group Terhadap Sikap Demokratis Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

Authors

  • Erina Juli Prihatini Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Arya Setya Nugroho Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v6i1.4547

Keywords:

Sikap Demokratis, Metode Buzz Group

Abstract

Sikap demokratis yang dimiliki oleh siswa kelas 4 itu kurang dalam menerapkannya, sehingga kurang dapat mengahargai satu sama lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari metode buzz group terhadap sikap demokratis siswa kelas 4 SD. Metode penelitian ini merupakan penelitian pra ekperimen dengan bentuk One group pretest – posttest design.Teknik pengumpulan data yaitu Teknik observasi serta menggunakan lembar pengamatan untuk mengumpulkan data hasi dari mengamati sikap demokratis siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji paired sample t-test yang mana menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 16.0 untuk mengolah datanya. Hasil analisis data menunjukan bahwa sebelum treatment dari metode buzz group nilai rata-ratanya memperoleh sebesar 36,53, sedangkan sesudah adanya treatment nilai rata-rata mengalami peningkatan mendapatkan skor 82,93. Dan juga hasil analisi data menggunakan uji paired sample t-test menunjukan huruf signifikan 0,0000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan metode buzz group terhadap sikap demokratis siswa. Dengan begitu penulis berharap bahwa metode ini dapat menjadi alternatif dalam mengembangkan sikap demokratis siswa yang kurang dan metode ini dapat digunakan dalam jangka panjang

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Prihatini, E. J., & Nugroho, A. S. (2022). Pengaruh Metode Buzz Group Terhadap Sikap Demokratis Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 6(1), 197–206. https://doi.org/10.30587/jtiee.v6i1.4547

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.