Pengaruh Metode Buzz Group Terhadap Sikap Demokratis Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

  • Erina Juli Prihatini Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Arya Setya Nugroho Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Sikap demokratis yang dimiliki oleh siswa kelas 4 itu kurang dalam menerapkannya, sehingga kurang dapat mengahargai satu sama lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari metode buzz group terhadap sikap demokratis siswa kelas 4 SD. Metode penelitian ini merupakan penelitian pra ekperimen dengan bentuk One group pretest – posttest design.Teknik pengumpulan data yaitu Teknik observasi serta menggunakan lembar pengamatan untuk mengumpulkan data hasi dari mengamati sikap demokratis siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji paired sample t-test yang mana menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 16.0 untuk mengolah datanya. Hasil analisis data menunjukan bahwa sebelum treatment dari metode buzz group nilai rata-ratanya memperoleh sebesar 36,53, sedangkan sesudah adanya treatment nilai rata-rata mengalami peningkatan mendapatkan skor 82,93. Dan juga hasil analisi data menggunakan uji paired sample t-test menunjukan huruf signifikan 0,0000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan metode buzz group terhadap sikap demokratis siswa. Dengan begitu penulis berharap bahwa metode ini dapat menjadi alternatif dalam mengembangkan sikap demokratis siswa yang kurang dan metode ini dapat digunakan dalam jangka panjang

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 31, 2022
How to Cite
PRIHATINI, Erina Juli; NUGROHO, Arya Setya. Pengaruh Metode Buzz Group Terhadap Sikap Demokratis Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 6, n. 1, p. 197-206, may 2022. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/4547>. Date accessed: 30 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v6i1.4547.
Section
Articles