PEMBELAJARAN KONSEP BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN PENGUASAAN KONSEP MUATAN IPS PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari kemampuan siswa yang kurang mematuhi peraturan yang ada di kelas, kurang mampu memecahkan masalah, kurang tanggung jawab dalam mematuhi dan melaksanakan peraturan dalam kelompok, kurang tanggung jawab dala menyelesaikan soal evaluasi dari pendidik, dan kurang bekerjasama dengan anggota kelompoknya . Solusi yang diberikan untuk mengatasi adalah dengan menerapakan model pembelajaran konsep berbasis lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan karakter tanggung jawab dan penguasaan konsep. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran konsep berbasis lingkungan berpengaruh terhadap kemampuan karakter tanggung jawab dan penguasaan konsep siswa sekolah dasar.