KAJIAN EMPIRIS DALAM PEMOSISIAN PRODUK

(Studi pada Perguruan Tinggi)

  • Sukaris Sukaris

Abstract

Penelitian ini menjadi kontribusi menarik dalam memberikan keyakinan bahwa positioning memiliki nilai strategis dalam upaya evaluasi dan pengambilan keputusan manajemen. Hasil penelitian menunjukkan segmen calon mahasiswa baru teridentifikasi kedalam segmen kedalam asal daerah (wilayah), asal sekolah (status sekolah), peminatan kelas, nilai ujian, status pekerjaan, tahun lulus, usia, tipe status pekerjaan mahasiswa, pekerjaan orang tua, asal jurusan sekolah, alasan mendaftar, alasan memilih jurusan di perguruan tinggi, informasi yang diperoleh, kelompok referen terdekat dan berdasarkan biaya. Segmen yang menguntungkan bagi perguruan tinggi adalah segmen wilayah, asal sekolah, lokasi perguruan tinggi dan psikoligis konsumen khususnya persepsi masyarakat atas kualitas perguruan tinggi. Setiap segmen memiliki daya tarik masing-masing yang dapat menjadi prioritas untuk dilayani atau juga dilakukan cara yang berbeda. Segmen - segmen sasaran yang dapat dipilih adalah wilayah dan asal sekolah. Positioning yang tepat untuk dipilih sebagai alternative untuk wilayah Gresik adalah dekat dan berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 6, 2018
How to Cite
SUKARIS, Sukaris. KAJIAN EMPIRIS DALAM PEMOSISIAN PRODUK. Jurnal Riset Entrepreneurship, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 1-12, aug. 2018. ISSN 2621-153X. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jre/article/view/405>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jre.v1i2.405.
Section
Articles