ANALISIS MUTU PELAYANAN PENDIDIKAN DENGAN MODEL SERVICE QUALITY
Abstract
Kualitas layanan pendidikan perlu diperhatikan guna mengetahui seberapa besar kepuasan mahasiswa sebagai pengguna layanan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis mutu layanan Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Gresik dengan menggunakan metode Service Quality (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksploratif dimana yang menjadi populasi dan sampel yakni 55 mahasiswa aktif Program Studi Magister Manajemen dari angkatan 2016 hingga 2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah Service Quality dengan menentukan nilai gap antara persepsi dan kinerja, membuat rangking dari nilai gap tertinggi hingga terendah, dan diagram kartesius. Hasil penelitian menyatakan bahwa dari 5 dimensi service quality, terdapat 2 dimensi memiliki gap tertinggi yakni tangible dan responsiveness dikarenakan ketidaksesuaian mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Gresik dalam mendapatkan pelayanan yang layak.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.