Pengaruh Metode Bermain Sambil Belajar terhadap Anak Hyperaktif

Authors

  • Zahra Nur Aziza Universitas Islam Negri Jurai Siwo Lampung
  • Suryadi
  • Revina Rizqiyani
  • Kisno
  • Edi Dwi Cahyo

Keywords:

Bermain, Belajar, Anak Hyperaktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain sambil belajar terhadap anak hiperaktif di kelas A TK Pertiwi Adirejo, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur. Anak hiperaktif, atau yang dikenal dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), menunjukkan perilaku sulit berkonsentrasi, impulsif, dan sering mengganggu proses belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek tiga anak yang menunjukkan ciri-ciri hiperaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain sambil belajar berdampak positif terhadap peningkatan fokus dan konsentrasi, penurunan perilaku impulsif, serta peningkatan kemampuan sosial dan emosional anak. Anak menjadi lebih mampu mengikuti aturan, bekerja sama, serta menunjukkan perilaku yang lebih adaptif dalam kegiatan belajar. Kesimpulannya, metode bermain sambil belajar merupakan pendekatan yang efektif dan menyenangkan untuk mendukung perkembangan anak hiperaktif dalam lingkungan belajar yang inklusif.

Downloads

Published

2025-07-21

How to Cite

Zahra Nur Aziza, Suryadi, Revina Rizqiyani, Kisno, & Edi Dwi Cahyo. (2025). Pengaruh Metode Bermain Sambil Belajar terhadap Anak Hyperaktif. Journal of Islamic Education for Early Childhood, 7(2), 55–62. Retrieved from https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/10132

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.