Konsep Pendidikan Perempuan dalam Prespektif Islam

Authors

  • Nanik Mufida Pascasarjana Universitas Islam Negeri Surabaya
  • Abdul Kholid Achmad Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Shobikhul Qisom Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam Ar Rahmah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30587/jc.v2i1.7670

Keywords:

Pendidikan Perempuan, Gender, Prespektif Islam

Abstract

Pendidikan menjadi bekal yang sangat penting bagi seorang ibu untuk bisa menyaring serta memilih informasi yang baik dan bermanfaat dalam perkembangan anak. Tidak dipungkiri bahwa kecerdasan anak kemungkinan besar berasal dari ibunya. Oleh karena itu, menjadi perempuan yang berpendidikan sangat penting. Baik untuk dirinya sendiri maupun untuk anaknya saat ia menjadi ibu. Pendidikan merupakan hak setiap orang di dunia. Karenanya tidak ada alasan untuk melakukan diskriminasi terhadap pendidikan perempuan di Indonesia bahkan di dunia. Artikel ini ditujukan untuk membahas konsep pendidikan perempuan dalam perspektif Islam, khususnya tentang tujuan, metode, dan orientasi pendidikan perempuan dan kesetaraan pendidikan . Perempuan yang berpengetahuan luas dan kompeten akan lebih mandiri, kuat, dan lebih berhasil menjalankan peran dan fungsinya dalam keluarga, masyarakat, dan pembangunan nasional.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Mufida, N., Achmad, A. K., & Qisom, S. (2024). Konsep Pendidikan Perempuan dalam Prespektif Islam. Conscilience: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 19–36. https://doi.org/10.30587/jc.v2i1.7670

Issue

Section

Articles