Pencegahan Radikalisme melalui Penanaman Nilai Profil Pelajar Pancasila di SMA Muhammadiyah 8 Gresik

  • Abdul Kholid Achmad Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Hidayatul Laila Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Mawadatun Nisa Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

. Remaja sebagai penerus bangsa memerlukan karakter yang lengkap untuk menghadapi tantangan global. Paham radikal dapat diminimalisir dan dicegah dengan serangkaian program dan kegiatan. Pengabdian ini bertujuan untuk mencegah paham radikalisme pada remaja sekolah menengah atas (SMA). Metode yang digunakan dalam pengabdaian masyarakat adalah sosialisasi dan postering. Diikuti sebanyak 245 Siswa kelas 10-12. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa metode sosilasasi dengan kuis yang menyenangkan dan menggembirakan dapat menanamkan subtansi materi kepada siswa. Postering sebagai media efektif untuk mendukung ingatan siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Sekaligus sebagai hidden curriculum pendidikan karakter dilingkungan sekolah. Diharapkan adanya kegiatan yang berkelanjutan untuk mendukung keberhasilan penanaman karakter dalam rangka pencegahan paham radikalime remaja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 20, 2023
How to Cite
ACHMAD, Abdul Kholid; LAILA, Hidayatul; NISA, Mawadatun. Pencegahan Radikalisme melalui Penanaman Nilai Profil Pelajar Pancasila di SMA Muhammadiyah 8 Gresik. Conscilience: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 28-38, feb. 2023. ISSN 2986-8130. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jc/article/view/5349>. Date accessed: 13 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jc.v1i1.5349.
Section
Articles