Pencegahan Radikalisme melalui Penanaman Nilai Profil Pelajar Pancasila di SMA Muhammadiyah 8 Gresik

Authors

  • Abdul Kholid Achmad Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Hidayatul Laila Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Mawadatun Nisa Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/jc.v1i1.5349

Keywords:

Radikalisme Remaja, profil belajar pancasila, postering

Abstract

. Remaja sebagai penerus bangsa memerlukan karakter yang lengkap untuk menghadapi tantangan global. Paham radikal dapat diminimalisir dan dicegah dengan serangkaian program dan kegiatan. Pengabdian ini bertujuan untuk mencegah paham radikalisme pada remaja sekolah menengah atas (SMA). Metode yang digunakan dalam pengabdaian masyarakat adalah sosialisasi dan postering. Diikuti sebanyak 245 Siswa kelas 10-12. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa metode sosilasasi dengan kuis yang menyenangkan dan menggembirakan dapat menanamkan subtansi materi kepada siswa. Postering sebagai media efektif untuk mendukung ingatan siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Sekaligus sebagai hidden curriculum pendidikan karakter dilingkungan sekolah. Diharapkan adanya kegiatan yang berkelanjutan untuk mendukung keberhasilan penanaman karakter dalam rangka pencegahan paham radikalime remaja

Downloads

Published

2023-02-20

How to Cite

Achmad, A. K., Laila, H., & Nisa, M. (2023). Pencegahan Radikalisme melalui Penanaman Nilai Profil Pelajar Pancasila di SMA Muhammadiyah 8 Gresik. Conscilience: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 28–38. https://doi.org/10.30587/jc.v1i1.5349

Issue

Section

Articles