Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Pengendalian Wabah Covid-19 Dengan Penerapan Protokol Kesehatan Di Desa Madupat

  • Roufuddin Roufuddin STIKES Artha Bodhi Iswara Surabaya
  • Nurul Fadhilah STIKES Artha Bodhi Iswara Surabaya

Abstract

Pengetahuan yang kurang dalam menghadapi pengendalian wabah covid-19 ini dapat mempengaruhi tindakan yang akan dilakukan terhadap penerapan protokol kesehatan terutama pada remaja, minimnya pengetahuan mengenai covid-19 mampu mempengaruhi sikap dalam penerapan protokol kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan mngenai penerapan protokol kesehatan di Desa tersebut.


Desain dalam penelitian ini observasional analitik dengan pendekatan cross sectional Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 90 remaja. Uji Analisa data untuk penelitian ini adalah Uji Coeficient Contingency. Hasil uji penelitian ini di dapatkan nilai ρ = 0,703.


Uji Analisa data menunjukkan tidak ada hubungan tingkat pengetahuan remaja tentang pengendalian wabah covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan di desa Madupat kecamatan Camplong Kabupaten Sampang. Tindakan yang dilakukan yakni meyakinkan para remaja dengan melakukan konseling serta edukasi tentang penerapan protokol kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2022
How to Cite
ROUFUDDIN, Roufuddin; FADHILAH, Nurul. Hubungan Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Pengendalian Wabah Covid-19 Dengan Penerapan Protokol Kesehatan Di Desa Madupat. Indonesian Journal of Professional Nursing, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 125 - 133, dec. 2022. ISSN 2747-156X. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijpn/article/view/4917>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ijpn.v3i2.4917.
Section
Articles