Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Prodi S1 Kebidanan Dalam Pembelajaran Daring
Abstract
Dukungan keluarga merupakan dorongan yang dapat menimbulkan motivasi belajar. Bidan dituntut memiliki kemampuan dan kompetensi yang baik secara akademis maupun teknis, dalam mencapai hal tersebut mahasiswa harus memiliki motivasi belajar yang kuat apalagi pada masa pandemi Covid – 19 yang mewajibkan mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran daring. Oleh itu dibutuhkan dukungan keluarga untuk meningkatkan motivasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar mahasiswa pada program studi S1 kebidanan dalam pembelajaran daring
. Penelitian ini penelitian Analitik observasional dengan pendekatan cross sectional, dengan sample 30 mahasiswa. Penelitian dilakukan di prigraam studi S1 Kebidanan Universitas Muhammadiyah Gresik. Data diambil melalui kuisioner dan dianalisis dengan menggunakan uji staistik correlation rank spearman dengan bantuan aplikasi SPPS dengan α=0,05. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar mahasiswa pada program studi S1 kebidanan dalam pembelajaran daring dengan hasil rank spearman correlation p = 0.001. Dukungan keluarga yang positif sangat penting untuk memotivasi belajar mahasiswa