Dampak Pendapatan Keluarga Dengan Kejadian Depresi Pascapersalinan Di Gresik

  • Munisah Munisah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Diani Octaviyanti Handajani
  • Rahmawati Ika Sukarsih
  • Ayu Rosanti Wilujeng

Abstract

Pendapatan keluarga adalah sejumlah barang atau uang atau penghasilan riil yang diperoleh dan dipakai untuk keperluan seluruh anggota keluarga. Pen


dapatan keluarga merupakan salah satu variabel yang mempunyai pengaruh terhadap kejadian depresi post partum. Depresi post partum adalah perasaan sedih, merasakan kehilangan tenaga, sulit berkonsentrasi, merasa bersalah dan merasa hidup tidak berharga yang semua itu dialami oleh ibu setelah melahirkan. Tujuan: penelitian ini adalah mengetahui pengaruh antara pendapatan keluarga dengan kejadian depresi post partum.


Metode: Penelitian ini menggunakan  desain kuantitatif dengan pendekatan crossectional. Sampel yang digunakan adalah ibu nifas yang berjumlah 80 responden.


Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara pendapatan keluarga dengan kejadian depresi post partum (p=0,525).


Kesimpulan: Tidak ada pengaruh antara pendapatan keluarga dengan kejadian depresi post partum, karena sebagian besar ibu post partum pendapatan keluarganya baik, tetapi ibu post partum tersebut tetap mengalami depresi post partum.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 26, 2024
How to Cite
MUNISAH, Munisah et al. Dampak Pendapatan Keluarga Dengan Kejadian Depresi Pascapersalinan Di Gresik. IJMT : Indonesian Journal of Midwifery Today, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 95-100, july 2024. ISSN 2809-2163. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ijmt/article/view/7937>. Date accessed: 27 july 2024.
Section
Articles