How to Formulate Character Education in Social Science Learning in Post-Pandemic Junior High Schools?
Abstract
Pendidikan karakter menjadi pusat perhatian pada abad ke – 21, banyak siswa yang menyimpang dari karakter yang diingkan guru. Pembelajaran ilmu pengetahuan sosial mengintegrasikan karakter pada siswa dengan proses pembelajaran. Pada masa pandemi proses pembelajaran jarak jauh menjadikan implementasi pendidikan karakter dilakukan dengan kurang maksimal.Penulisan artikel ini bertujuan untuk mencari formulasi pendidikan karakter dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP pasca pandemi yang paling relevan untuk diimplementasikan guru dalam proses pembelajaran di sekolah. Menggunakan metode literature review pada 15 jurnal Nasional yang telah dikurasi dan dianalisa secara isi dari data base Google Schoolar periode 2020-2022. Artikel ini menemukan bahwa setiap sekolah memiliki kebiajakan dan penerapan karakter yang berbeda, apalagi pada saat pandemic tentu banyak kesulitan dan hambatan yang dihadapi sehingga belum seperti harapan. Peran dukungan orang tua serta fasilitas sekolah menentukan ketercapaian dalam penanaman Sehingga artikel ini berkesimpulan untuk dapat menanamkan pendidikan karakter kepada siswa dengan memberikan proses pembelajaran yang inovatif dan siswa lebih aktif, selain itu faktor pendukungnya tidak hanya saat pembelajaran tetapi lingkungan sekolah dan dukungan keluarga.Sehingga terbentuk karakter sesui dengan tujuan pembelajaran.