Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi

  • Kamal Ardiansyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sarwo Edy Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Eko Rahmad Bahrudin Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah (KPM) merupakan salah satu keterampilan dasar yang penting dalam proses pembelajaran matematika. KPM yang dimiliki peserta didik akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang didapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas tiga tahapan yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan dan pengamatan (do), dan refleksi (see). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIB UPTD SPF SMP Negeri 3 Bondowoso tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dan lembar tes KPM. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah (KPM) peserta didik. Rata-rata nilai KPM peserta didik pada saat pra-siklus sebesar 44,75 meningkat menjadi masing-masing 61,5 dan 75 pada siklus I dan siklus II. Peningkatan juga terjadi pada rata-rata nilai setiap indikator KPM, yaitu memahami masalah (95), menyusun rencana pemecahan masalah (77), melaksanakan pemecahan masalah (69), serta mengecek kembali jawaban (61). Selain itu, sebanyak 83,375% peserta didik memiliki KPM minimal kategori sedang pada akhir siklus II, meningkat 68,375% dibanding saat pra-siklus.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 21, 2024
How to Cite
ARDIANSYAH, Kamal; EDY, Sarwo; BAHRUDIN, Eko Rahmad. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi. Proceeding International Conference on Lesson Study, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 549-558, feb. 2024. ISSN 3030-9115. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/icls/article/view/7427>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/icls.v1i1.7427.