Upaya Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Proses Di SMP Negeri 1 Tulangan

  • Siska Dwi Vidia Ningsih Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sarwo Edy Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Anik Latifah SMPN 1 Tulangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan proses di SMP Negeri 1 Tulangan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi pada pembelajaran matematika di kelas VII-H SMP Negeri 1 Tulangan, sebagian besar peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran karena guru menggunakan pembelajaran yang berpusat pada guru dan tidak berkelompok sehingga peserta didik tidak terbiasa untuk aktif berdiskusi dan bekerja secara berkelompok. Dalam upaya meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran matematika, peneliti memilih untuk mengubah pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang beragam sehingga dalam pembelajaran berdiferensiasi yang menjadi fokus utama adalah peserta didik. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII-H di SMP Negeri 1 Tulangan tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 13 laki-laki dan 17 perempuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi keaktifan peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan persentase setiap indikator keaktifan dan kategori. Rata-rata pada pra siklus diperoleh sebesar 55,44% yang berada pada kategori kurang aktif. Lalu terjadi peningkatan sebesar 2,89% pada siklus 1 sehingga rata-ratanya menjadi 58,33% dengan kategori yang sama yaitu kurang aktif. Pada siklus 2 juga mengalami peningkatan lebih dari 5% yaitu 6,78% sehingga rata-ratanya menjadi 65,11% dengan kategori yang berbeda yaitu cukup aktif. Dari analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
berdiferensiasi berdasarkan proses dapat meningkatkan keaktifan peserta didik di SMP Negeri 1 Tulangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 15, 2024
How to Cite
NINGSIH, Siska Dwi Vidia; EDY, Sarwo; LATIFAH, Anik. Upaya Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Proses Di SMP Negeri 1 Tulangan. Proceeding International Conference on Lesson Study, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 456-466, feb. 2024. ISSN 3030-9115. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/icls/article/view/7394>. Date accessed: 22 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/icls.v1i1.7394.