Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Media Game Tradisional Selodor di Kelas VII SMPN 2 Pringgarata

  • Qoimatun Nisa’ Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Sri Rejeki Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Muhammadiyah Mataram,
  • Wahab Wahab SMP N 2 Pringgarata
  • Nurma Yunita SMPN 2 Pringgarata

Abstract

Penelitian ini berawal dari temuan masalah terkait rendahnya motivasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa  pada materi menghargai lingkungan dan budaya lokal melalui media game tradisional selodor pada mata pelajaran PPKn di kelas VII SMPN 2 Pringgarata.  Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Priggarata dengan jumlah 32 siswa. Obyeknya adalah motivasi belajar siswadan media game tradisional selodor. Pengumpulan data penelitian tindakan kelas melalui dokumetasi, observasi / pengamatan, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan perbaikan yang dilakukan pada siklus III, penerapan media permainan tradisional selodor dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di SMPN 2 Pringgarata dari 32 siswa 30 siswa telah menunjukkan perubahan motivasi bealajar dengan persentase ketercapaian indikator motivasi belajar siswa mencapai 90,6% dari  target ketercapaian indikator kinerja yaitu ≥28 orang siswa (≥87%) harus mencapai minimal 3 dari 5 indikator motivasi belajar siswa yang telah ditetapkan. Diharapkan penerapan gabungan metode . Media Game Tradisional Selodor Pada Mata Pelajaran PPKn dI Kelas VII SMPN 2 Pringgarata pada materi menghargai lingkungan dan budaya lokal dapat di jadikan rujukan oleh para pendidik lainnya karena telah terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 13, 2024
How to Cite
NISA’, Qoimatun et al. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Media Game Tradisional Selodor di Kelas VII SMPN 2 Pringgarata. Proceeding International Conference on Lesson Study, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 378-389, jan. 2024. ISSN 3030-9115. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/icls/article/view/7188>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/icls.v1i1.7188.