MODEL KONSTRUKTIVISME UNTUK MENCIPTAKAN DISKUSI YANG EFEKTIF DAN PRESENTASI YANG INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH INTRODUCTION TO RESEARCH IN ELT

  • admin admin
  • Totok Indra Suswanto

Abstract

Sebuah permasalahan muncul didalam kelas ketika proses diskusi dan presentasi tidak bisa berjalan dengan efektif dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan diskusi yang efektif dan presentasi yang interaktif dengan menggunakan model konstruktivisme dalam pembelajaran mata kuliah Introduction to Research in English Language Teaching di mahasiswa semester 5 program Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Gresik. Metode penelitian ini menggunakan rancangan Lesson Study dengan menggunakan tiga landasan, yaitu merencanakan (Plan), implementasi pembelajaran (Do), mengobservasi dan merefleksi kegiatan pembelajaran (See) yang dilaksanakan dalam empat siklus pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model konstruktivisme ternyata mampu menciptakan sebuah diskusi yang efektif dan presentasi yang interaktif di dalam kelas. Beberapa saran dan rekomendasi untuk para pengajar dan peneliti selanjutnya juga di bahas dibagian akhir dari tulisan ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 1, 2017
How to Cite
ADMIN, admin; SUSWANTO, Totok Indra. MODEL KONSTRUKTIVISME UNTUK MENCIPTAKAN DISKUSI YANG EFEKTIF DAN PRESENTASI YANG INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH INTRODUCTION TO RESEARCH IN ELT. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 68-76, nov. 2017. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/59>. Date accessed: 06 may 2024.
Section
Articles