PENGAJARAN READING BERBASIS HOLISTIC
(Lesson Study dengan mengambil Obyek Mata Kuliah Reading 1 di Semester I)
Abstract
Matakuliah Reading 1 yang diajarkan melalui program Lesson Study (LS) merupakan salah satu matakuliah ketrampilan berbahasa Inggris (English Skills) bagi mahasiswa semester satu Prodi pendidikan bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Gresik. Sebagai matakuliah kategori English Skill, pembelajaran reading sebelum pelaksanaan lesson study diajarkan hanya untuk pemahaman bacaan saja dan pengajaranya belum begitu variatif serta belum mampu menyentuh tataran pengembangan kreatifitas berfikir kritis mahasiswa, serta belum menyentuh pembelajaran yang bersifat terpadu. Pada artikel ini peneliti mencoba menerapkan sebuah penelitian menggunakan design Classroom Action Research (CAR) dengan empat pertemuan dalam satu siklus pelaksanaan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi bagaimana pengajaran reading berbasis holistic mampu meningkatkan kreatifitas pemahaman dan berfikir kritis mahasiswa serta kemampuan holistic yang mencakup: (a) peahamanan, kosakata, gramatika, reading aloud/pronunciation, listening, speaking, reading dan writing mahasiswa. Pola pengajaran reading pada setiap pertemuanya diberikan pendekatan Scientific Approach melalui kegiatan pengamatan, bertanya, eksplorasi, bereksperimen, mengkomunikasikan dan berinovasi.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi kelas yang dilakukan oleh tiga orang observer. Fokus observasi tidak berpusat pada dosen model melainkan terhadap semua aktifitas belajar mahasiswa untuk mengamati kegiatan siswa terkait dengan variabel peningkatan pemahaman kritis dan kreatifitas berfikir kritis mahasiswa, serta peningkatan kemampuan holistic mahasiswa baik English component ataupun skills.
Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif digunakan menemukan commonalities strategi dalam implementasi holictic teaching. Data kuantitatif digunakan sebagai ukuran keberhasilan pada setiap siklusnya. Kemudian kedua data tersebut ditriangulasikan untuk validitas hasil temuan melalui kegiatan refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa metode holistic mampu meningkatkan kemampuan dan kreatifitas berfikir kritis mahasiswa serta mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam ketrampilan berbahasa serta elemen kebahasaan lainya melalui: (1) dalam peningkatan pemahaman berfikir kritis dosen harus mampu memandu mahasiswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang mengarah untuk berfikir dan mengembangkan kreatifitas mahasiswa melalui kegiatan-kegiatan yang diberikan, (2) Pembelajaran harus dilakukan melalui pemberian aktifitas yang dapat mengarahkan ke pengembangan kratifitas berfikir kritis mahasiswa, (3) dalam setiap aktifitas mengembangkan pemahaman dan kreatifitas berfikit kritis mahasiswa maka dosen tidak boleh menjelaskan konsep yang akan diajarkan namun berperan aktif sebagai fasilitator yang mengarahkan mahaiswa dalam penemahaman dan kreatifitas mahasiswa secara mandiri baik dalam kelompok maupun individu.
Downloads
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
Open Data and Software Publishing and Sharing
The journal strives to maximize the replicability of the research published in it. Authors are thus required to share all data, code or protocols underlying the research reported in their articles. Exceptions are permitted but have to be justified in a written public statement accompanying the article.
Datasets and software should be deposited and permanently archived inappropriate, trusted, general, or domain-specific repositories (please consult http://service.re3data.org and/or software repositories such as GitHub, GitLab, Bioinformatics.org, or equivalent). The associated persistent identifiers (e.g. DOI, or others) of the dataset(s) must be included in the data or software resources section of the article. Reference(s) to datasets and software should also be included in the reference list of the article with DOIs (where available). Where no domain-specific data repository exists, authors should deposit their datasets in a general repository such as ZENODO, Dryad, Dataverse, or others.
Small data may also be published as data files or packages supplementary to a research article, however, the authors should prefer in all cases a deposition in data repositories.