PENGAJARAN READING BERBASIS HOLISTIC

(Lesson Study dengan mengambil Obyek Mata Kuliah Reading 1 di Semester I)

  • admin admin
  • Yudhi Arifani

Abstract

Matakuliah Reading 1 yang diajarkan melalui program Lesson Study (LS) merupakan salah satu matakuliah ketrampilan berbahasa Inggris (English Skills) bagi mahasiswa semester satu Prodi pendidikan bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Gresik. Sebagai matakuliah kategori English Skill, pembelajaran reading sebelum pelaksanaan lesson study diajarkan hanya untuk pemahaman bacaan saja dan pengajaranya belum begitu variatif serta belum mampu menyentuh tataran pengembangan kreatifitas berfikir kritis mahasiswa, serta belum menyentuh pembelajaran yang bersifat terpadu. Pada artikel ini peneliti mencoba menerapkan sebuah penelitian menggunakan design Classroom Action Research (CAR) dengan empat pertemuan dalam satu siklus pelaksanaan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi bagaimana pengajaran reading berbasis holistic mampu meningkatkan kreatifitas pemahaman dan berfikir kritis mahasiswa serta kemampuan holistic yang mencakup: (a) peahamanan, kosakata, gramatika, reading aloud/pronunciation, listening, speaking, reading dan writing mahasiswa. Pola pengajaran reading pada setiap pertemuanya diberikan pendekatan Scientific Approach melalui kegiatan pengamatan, bertanya, eksplorasi, bereksperimen, mengkomunikasikan dan berinovasi.


Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi kelas yang dilakukan oleh tiga orang observer. Fokus observasi tidak berpusat pada dosen model melainkan terhadap semua aktifitas belajar mahasiswa untuk mengamati kegiatan siswa terkait dengan variabel peningkatan pemahaman kritis dan kreatifitas berfikir kritis mahasiswa, serta peningkatan kemampuan holistic mahasiswa baik English component ataupun skills.


Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif digunakan menemukan commonalities strategi dalam implementasi holictic teaching. Data kuantitatif digunakan sebagai ukuran keberhasilan pada setiap siklusnya. Kemudian kedua data tersebut ditriangulasikan untuk validitas hasil temuan melalui kegiatan refleksi.


Hasil penelitian menunjukan bahwa metode holistic mampu meningkatkan kemampuan dan kreatifitas berfikir kritis mahasiswa serta mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam ketrampilan berbahasa serta elemen kebahasaan lainya melalui: (1) dalam peningkatan pemahaman berfikir kritis dosen harus mampu memandu mahasiswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang mengarah untuk berfikir dan mengembangkan kreatifitas mahasiswa melalui kegiatan-kegiatan yang diberikan, (2) Pembelajaran harus dilakukan melalui pemberian aktifitas yang dapat mengarahkan ke pengembangan kratifitas berfikir kritis mahasiswa, (3) dalam setiap aktifitas mengembangkan pemahaman dan kreatifitas berfikit kritis mahasiswa maka dosen tidak boleh menjelaskan konsep yang akan diajarkan namun berperan aktif sebagai fasilitator yang mengarahkan mahaiswa dalam penemahaman dan kreatifitas mahasiswa secara mandiri baik dalam kelompok maupun individu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 1, 2017
How to Cite
ADMIN, admin; ARIFANI, Yudhi. PENGAJARAN READING BERBASIS HOLISTIC. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 55-67, nov. 2017. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/58>. Date accessed: 07 may 2024.
Section
Articles