Tanggung Jawab Dan Kemandirian Dalam Pembelajaran Melalui Analisis Landasan Pendidikan Dengan Pendekatan Kooperatif
(Lesson Study Mata kuliah Landasan Pendidikan pada Semester I)
Abstract
Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran yang
memfokuskan pada kemampuan bertanggung jawab dan kemandirian bagi mahasiswa terhadap
penerapan landasan pendidikan, yang dilakukan oleh mahasiswa melalui analisis peristiwa dan
observasi di sekolah, dengan mekanisme proses pembelajaran kooperatif pada mahasiswa prodi
pendidikan matematika semester I. Pencapaian tujuan ini dilakukan melalui Lesson study.
Pada penelitian ini didasarkan atas pelaksanaan Lesson study dengan ketrampilan kooperatif
untuk meningkatkan kemampuan bertanggung jawab terhadap permasalahan 'pendidikan', pada
matakuliah landasan pendidikan di semester genap tahun 2012/2013. Kegiatannya meliputi
penentuan masalah, analisis maasalah, pada penerapan materi tujuan pendidikan, sistem
pendidikan, jenjang pendidikan dan subyek pendidikan.yang dilakukan melalui observasi,
pengamatan slide dan kajian literatur serta gagasan ide untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab
dan kemandirian, dengan kegiatan yang dilakukan secara mandiri dan berkelompok, dan selanjutnya
mempresentasikan hasil dan kemudian di evaluasi. Hasil penelitian ini berdasarkan Kegiatan ini
berlangsung dalam 4 (empat) siklus pada satu semester.yang masing-masing siklus meliputi Plan, Do,
See.
Pada kegiatan Plan, ini dosen membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (SAP) secara
pribadi yang berisikan tentang rencana kegiatan pembelajaran secara sistematis, kemudian dibahas
secara bersama-sama dengan dosen yang tergabung dalam tim dosen model yang berjumlah 4 orang.
Pada kegiatan Do mahasiswa melaksanakan proses pembelajaran bersama dosen model dan
diobservasi oleh 4 orang dosen yang tergabung dalam Tim, pada pembuatan perencanaan ini ada
penyempurnaan setelah diterapkan, dan pada akhir pembelajaran dilanjutkan dengan kegiatan See,
yang merupakan kegiatan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan dipimpin
oleh dosen model dan ditetapkan adanya moderator, sedangkan hasil pembahasan dipergunakan
untuk memperbaiki Satuan Acara Perkuliahan pada plan dan dilakukan do pada siklus berikutnya.
Data tentang temuan aktivitas dalam pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa setelah dianalisis
menunjukkan bahwa ada peningkatan 'tanggung jawab dan kemandirian' pada mahasiswa terhadap
kajian Landasan Pendidikan yang didasarkan studi kooperatif, pada siklus pertama, yakni sudah
berkisar 60% mahasiswa berpendapat dengan didasarkan pada argumen sendiri, sedangkan untuk do
kedua meningkat pada segi tanggung jawab, ketika menganalisis permasalahan yang dikemukakan
oleh dosen model, tetapi kemandirian belum mengalami perubahan, pada do ketiga dengan model
pembelajaran yang menekankan pada kemandirian, maka keberanian mengemukakan pendapat
secara secara pribadi dan bertanggung jawab didominasi oleh peserta pembelajaran, dan berlanjut
pada do keempat. Dengan demikian dapat disimpulkan Tanggung jawab dan Kemandirian dapat
dilakukan berdasarkan studi kooperatif dengan melakukan analisis permasalahan dan kajian teori
dalam mata kuliah Landasan Pendidikan.
Downloads
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
Open Data and Software Publishing and Sharing
The journal strives to maximize the replicability of the research published in it. Authors are thus required to share all data, code or protocols underlying the research reported in their articles. Exceptions are permitted but have to be justified in a written public statement accompanying the article.
Datasets and software should be deposited and permanently archived inappropriate, trusted, general, or domain-specific repositories (please consult http://service.re3data.org and/or software repositories such as GitHub, GitLab, Bioinformatics.org, or equivalent). The associated persistent identifiers (e.g. DOI, or others) of the dataset(s) must be included in the data or software resources section of the article. Reference(s) to datasets and software should also be included in the reference list of the article with DOIs (where available). Where no domain-specific data repository exists, authors should deposit their datasets in a general repository such as ZENODO, Dryad, Dataverse, or others.
Small data may also be published as data files or packages supplementary to a research article, however, the authors should prefer in all cases a deposition in data repositories.