Tanggung Jawab Dan Kemandirian Dalam Pembelajaran Melalui Analisis Landasan Pendidikan Dengan Pendekatan Kooperatif

(Lesson Study Mata kuliah Landasan Pendidikan pada Semester I)

  • admin admin
  • Sri Uchtiawati

Abstract

Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran yang
memfokuskan pada kemampuan bertanggung jawab dan kemandirian bagi mahasiswa terhadap
penerapan landasan pendidikan, yang dilakukan oleh mahasiswa melalui analisis peristiwa dan
observasi di sekolah, dengan mekanisme proses pembelajaran kooperatif pada mahasiswa prodi
pendidikan matematika semester I. Pencapaian tujuan ini dilakukan melalui Lesson study.
Pada penelitian ini didasarkan atas pelaksanaan Lesson study dengan ketrampilan kooperatif
untuk meningkatkan kemampuan bertanggung jawab terhadap permasalahan 'pendidikan', pada
matakuliah landasan pendidikan di semester genap tahun 2012/2013. Kegiatannya meliputi
penentuan masalah, analisis maasalah, pada penerapan materi tujuan pendidikan, sistem
pendidikan, jenjang pendidikan dan subyek pendidikan.yang dilakukan melalui observasi,
pengamatan slide dan kajian literatur serta gagasan ide untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab
dan kemandirian, dengan kegiatan yang dilakukan secara mandiri dan berkelompok, dan selanjutnya
mempresentasikan hasil dan kemudian di evaluasi. Hasil penelitian ini berdasarkan Kegiatan ini
berlangsung dalam 4 (empat) siklus pada satu semester.yang masing-masing siklus meliputi Plan, Do,
See.
Pada kegiatan Plan, ini dosen membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (SAP) secara
pribadi yang berisikan tentang rencana kegiatan pembelajaran secara sistematis, kemudian dibahas
secara bersama-sama dengan dosen yang tergabung dalam tim dosen model yang berjumlah 4 orang.
Pada kegiatan Do mahasiswa melaksanakan proses pembelajaran bersama dosen model dan
diobservasi oleh 4 orang dosen yang tergabung dalam Tim, pada pembuatan perencanaan ini ada
penyempurnaan setelah diterapkan, dan pada akhir pembelajaran dilanjutkan dengan kegiatan See,
yang merupakan kegiatan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan dipimpin
oleh dosen model dan ditetapkan adanya moderator, sedangkan hasil pembahasan dipergunakan
untuk memperbaiki Satuan Acara Perkuliahan pada plan dan dilakukan do pada siklus berikutnya.
Data tentang temuan aktivitas dalam pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa setelah dianalisis
menunjukkan bahwa ada peningkatan 'tanggung jawab dan kemandirian' pada mahasiswa terhadap
kajian Landasan Pendidikan yang didasarkan studi kooperatif, pada siklus pertama, yakni sudah
berkisar 60% mahasiswa berpendapat dengan didasarkan pada argumen sendiri, sedangkan untuk do
kedua meningkat pada segi tanggung jawab, ketika menganalisis permasalahan yang dikemukakan
oleh dosen model, tetapi kemandirian belum mengalami perubahan, pada do ketiga dengan model
pembelajaran yang menekankan pada kemandirian, maka keberanian mengemukakan pendapat
secara secara pribadi dan bertanggung jawab didominasi oleh peserta pembelajaran, dan berlanjut
pada do keempat. Dengan demikian dapat disimpulkan Tanggung jawab dan Kemandirian dapat
dilakukan berdasarkan studi kooperatif dengan melakukan analisis permasalahan dan kajian teori
dalam mata kuliah Landasan Pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 1, 2017
How to Cite
ADMIN, admin; UCHTIAWATI, Sri. Tanggung Jawab Dan Kemandirian Dalam Pembelajaran Melalui Analisis Landasan Pendidikan Dengan Pendekatan Kooperatif. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 19-29, nov. 2017. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/55>. Date accessed: 06 may 2024.
Section
Articles