PELATIHAN PILAH PILIH SAMPAH DALAM MENUMBUHKAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH ALMADANI GUNUNGSARI, CITEUREUP

  • Meitiyani Meitiyani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Agus Pambudi Dharma Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Retno Fitria Setyawati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Mushoddik Mushoddik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Raihan Shofy Izdihar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Abstract

Sampah merupakan barang atau benda yang dibuang karena tidak terpakai lagi. Salah satu tahapan awal dalam pengelolaan sampah dengan pemilahan atau pengelompokkan jenis sampah sehingga lebih mudah dalam penguraian oleh bakteri dan bisa dijual secara langsung maupun dikelola. Metode yang digunakan dengan dua cara yaitu ceramah dan praktik secara langsung. Koresponden sebanyak 19 orang (95%) sudah mengetahui bahwa sampah merupakan sesuatu barang yang sudah tidak terpakai kembali dan sudah tidak layak dipakai kembali. Koresponden sebanyak 19 orang (95%) sudah mengetahui bahwa sampah yang tidak dipisahkan dapat merusak lingkungan. koresponden sebanyak 17 orang (85%) sudah melakukan pemilahan atau pemisahan sampah (organik dan anorganik) sebelum dibuang ke tempat sampah di sekolah maupun di rumah. Berdasarkan data kuisioner yang diberikan menunjukkan bahwa koresponden sebanyak 19 orang (95%) sudah mengetahui bahwa sampah plastik tidak dapat terurai secara alami dalam waktu singkat. Nilai ekonomi sampah bervariasi tergantung pada jenis sampah dan bagaimana sampah ditangani sebelum dijual. Saran yang diperlukan yaitu perlu adanya pendampingan secara berkesinambungan terkait pengolahan sampah di sekolah SMP Muhammadiyah Almadani Gunungsari, Citeureup.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 5, 2024
How to Cite
MEITIYANI, Meitiyani et al. PELATIHAN PILAH PILIH SAMPAH DALAM MENUMBUHKAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH ALMADANI GUNUNGSARI, CITEUREUP. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 45-50, mar. 2024. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/7417>. Date accessed: 13 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i1.7417.
Section
Articles