PENINGKATAN NILAI TAMBAH PADA IKAN BANDENG MENJADI ANEKA PRODUK FROZEN FOOD BERNILAI EKONOMIS PADA ASOSIASI UMKM KECAMATAN SIDAYU KABUPATEN GRESIK

  • Akhmad Wasiur Rizqi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Deny Andesta Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Kontribusi UMKM bagi perekonomian Indonesia sudah tidak diragukan lagi. UMKM memiliki tingkat penyerapan tenaga kerja sekitar 97% dari seluruh tenaga kerja nasional dan memiliki kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sekitar 57%. Oleh sebab itu perlu dilakukan dukungan secara serius dan mendalam terkait bagaimana UMKM dapat berkembang dan berkelanjutan guna memberikan manfaat yang sangat positif bagi perekonomian dan kesejahteraan bangsa. Pembekalan ilmu pengetahuan dan ketrampilan untuk para pelaku usaha UMKM perlu dilakukan secara periodik guna menambah wawasan terkait bagaimana perkembangan zaman, kondisi persaingan dan perubahan perilaku konsumen. Mengingat sekarang dunia sudah memasuki revolusi industri 4.0 yang menuntut setiap produsen untuk responsif terhadap perubahan - perubahan yang terjadi. Pengabdian interternal masyarakat yang mengambil tema peningkatan nilai tambah produk dengan objek pengabdian yang ditujukan untuk pelaku usaha UMKM yang tergabung dalam asosiasi UMKM kecamatan Sidayu yang berlokasi di Desa Mriyunan, Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Perkembangan dunia teknologi membuat produsen harus berinovasi untuk dapat mengembangkan segala sumberdaya yang tersedia salahsatunya adalah ikan bandeng yang terdapat di daerah kecamatan sidayu. Ikan bandeng yang sekarang ini sering kita jumpai hanya dijual dalam bentuk mentah yang mana hal tersebut belum mampu memberikan nilai tambah bagi sebagian besar masyarakat sekitar khususnya para pelaku UMKM. Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan suatu wujud partisipasi kampus khususnya jurusan Teknik Industri Muhammadiyah Gresik dalam meningkatkan kemampuan sumberdaya lokal yakni usaha UMKM. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat sendiri adalah untuk meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan bagi para pelaku UMKM agar produk yang dihasilkan memiliki nilai tambah melalui proses terlebih dahulu untuk dijadikan beberapa varian produk yang nantinya dikemas dalam bentuk frozen untuk membuat produk bisa lebih lama disimpan untuk dapat dipasarkan secara lebih luas. Sehingga diharapkan kedepannya dapat memberikan kontribusi positif melalui peningkatan harga jual dan daya saing produk.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 1, 2022
How to Cite
RIZQI, Akhmad Wasiur; ANDESTA, Deny. PENINGKATAN NILAI TAMBAH PADA IKAN BANDENG MENJADI ANEKA PRODUK FROZEN FOOD BERNILAI EKONOMIS PADA ASOSIASI UMKM KECAMATAN SIDAYU KABUPATEN GRESIK. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 161-167, june 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/3988>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i2.3988.
Section
Articles