LEGALISASI ASSET TANAH MELALUI PROGRAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) DESA AMBENG-AMBENG WATANGREJO, SAMIRPLAPAN, TIREM KECAMATAN DUDUK SAMPEYAN

  • Iqnatia Alfiansyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Afni Hidayahti Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap sesuai Peraturan Menteri ini bertujuan untuk mewujudkan Percepatan Pendaftaran Tanah di seluruh Indonesia dalam kegiatan survei dan pemetaan serta kegiatan pertanahan lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yuridis normatif karena penelitian ini ingin melaksanakan peninjauan tentang peraturan Pelaksanaan PTSL tahun 2021 di Kantor BPN Kabupaten Gresik dan melaksanakan peninjauan langsung ke lapangan. BPN merupakan salah satu instansi pemerintah yang menangani pemohonan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Permasalahan yang dihadapi BPN dalam Permohonon  sertifikat  PTSL  yaitu  pada  bagian  pendataan  yang  masih  menggunakan Microsoft Word dan Microsoft excel bahkan ada data yang masih ditulis di kertas untuk rekap data hal tersebut menjadikan pekerjaan menjadi kurang efektif dan efesien karena kesulitan dalam  pendataan,  pencarian  data  sampai  kersulitan  dalam  pembuatan laporan.  Solusi dari permasalahan tersebut dengan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mendukung kinerja karyawan, dengan membangun sistem PTSL berbasis teknologi informasi. Tujuan dari penelitian ini  adalah  membangun sistem  pendataan pemohon sertifikat  PTSL  pada  BPN yang  dapat memudahkan  karyawan dalam  melakukan  penginputan  dan  pencarian  data  sehingga  dapat meningkatkan kinerja kerja karyawan di BPN Kota Gresik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 2, 2022
How to Cite
ALFIANSYAH, Iqnatia; HIDAYAHTI, Nur Afni. LEGALISASI ASSET TANAH MELALUI PROGRAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) DESA AMBENG-AMBENG WATANGREJO, SAMIRPLAPAN, TIREM KECAMATAN DUDUK SAMPEYAN. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 62-70, mar. 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/3792>. Date accessed: 17 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i1.3792.
Section
Articles