HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMP INSAN CENDEKIA MANDIRI BOARDING SCHOOL SIDOARJO
Abstract
Dalam proses belajar, siswa di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo tidak lepas dari kesulitan. Prokrastinasi akademik adalah perilaku penundaan dalam konteks tugas-tugas akademik baik dalam memulai maupun menyelesaikan tugas akademik. Dalam meminimalisir perilaku prokrastinasi akademik, siswa memerlukan adversity quotient. Adversity quotient adalah kemampuan individu dalam menghadapi kesulitan dan tantangan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adversity quotient dengan prokrastinasi akademik siswa di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo kelas VIII dan IX yang berjumlah 80 siswa. Hipotesis dalam penelitian adalah ada hubungan antara adversity quotient dengan prokrastinasi akademik siswa di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket adversity quotient dan prokrastinasi akademik. Guna menguji hipotesis, digunakan teknik analisis korelasi product moment dari pearson. Hasil analisis data diperoleh nilai r sebesar -0,658, dan p = 0,000 (p < 0.05) sehingga hipotesis penelitian diterima. Artinya, ada hubungan yang negatif dan signifikan antara adversity quotient dengan prokrastinasi akademik pada siswa di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo.