Pengembangan Media Pembelajaran Flip Flap Book tentang Banjir untuk Anak Usia 5-6 Tahun

Pengembangan Media Pembelajaran Flip Flap Book tentang Banjir untuk Anak Usia 5-6 Tahun

  • Utami Nurlaili Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ayunda Sayyidatul Ifadah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Banjir adalah bencana yang sering terjadi di Kecamatan Benjeng. Berdasarkan hasil wawancara lembaga PAUD di Kecamatan Benjeng ketika pembelajaran banjir anak memiliki tingkat minat dan fokus yang kurang sehingga hasil pembelajaran banjir kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk flip flap book sebagai media pembelajaran yang layak dan efektif mengenalkan banjir pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Tahapannya yaitu penelitian pendahuluan, perencanaan pengembangan, pengembangan produk awal, Uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama dan hasil produk akhir. Hasil validasi flip flap book sangat baik dan layak digunakan dengan hasil validasi ahli media yaitu 97.2% dan validasi ahli materi yaitu 100%. Hasil uji coba lapangan awal dan lapangan utama juga memperoleh hasil yang baik dan layak digunakan yaitu 75% dan 86%. Hasil uji Wilcoxon untuk efektifitas media flip flap book dalam uji coba lapangan awal adalah 0.002<0.05 sedangkan hasil dari uji coba lapangan utama adalah 0.000<0.05. Kedua nilai tersebut dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh media flip flap book terhadap pengetahuan banjir anak. Dari hasil kelayakan dan keefektifan tersebut dapat disimpulkan bahwa media flip flap book layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran banjir anak usia 5-6 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 26, 2023
How to Cite
NURLAILI, Utami; IFADAH, Ayunda Sayyidatul. Pengembangan Media Pembelajaran Flip Flap Book tentang Banjir untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Islamic Education for Early Childhood, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 101-111, jan. 2023. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/4663>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v5i1.4663.