ANALISIS ZAT GIZI MIE KERING DENGAN SUBSTITUSI TEPUNG KULIT ARI BIJI KEDELAI DAN TEPUNG WORTEL (Sebagai Alternatif Pencegahan Obesitas pada Remaja dan Dewasa)

  • Alfiyatus Salimah Ilmu Gizi
  • Desty Muzarofatus Sholikhah
  • Sutrisno Adi Prayitno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis zat gizi mie kering dengan substitusi kulit ari biji kedelai dan tepung wortel sebagai alternatif pencegahan obesitas pada remaja dan dewasa. Mie kering ini baik digunakan dalam upaya pencegahan obesitas karena bahan yang digunakan memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 1 kontrol dan 3 formula perlakuan dengan 2 kali ulangan. Data uji laboratorium kandungan zat gizi mie kering yang diperoleh dianalisis menggunakan sidik ragam (ANOVA) dan uji lanjut Duncan. Hasil analisa uji laboratorium kandungan zat gizi mie kering terdapat perbedaan yang signifikan antar formula (p<0,05). Hasil uji efektifitas menunjukkan formulasi terbaik terdapat pada formula F3. Produk mie terbaik F3 memiliki kandungan zat gizi kadar protein 11,73 gram, karbohidrat 59,86 gram, dan serat 3,63 gram. Namun, perlu ditambahkan dari sumber serat lain seperti pada sayur dan buah untuk dapat mengoptimalkan kebutuhan serat harian pada remaja dan dewasa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 3, 2022
How to Cite
SALIMAH, Alfiyatus; SHOLIKHAH, Desty Muzarofatus; PRAYITNO, Sutrisno Adi. ANALISIS ZAT GIZI MIE KERING DENGAN SUBSTITUSI TEPUNG KULIT ARI BIJI KEDELAI DAN TEPUNG WORTEL (Sebagai Alternatif Pencegahan Obesitas pada Remaja dan Dewasa). Ghidza Media Jurnal, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 132-145, nov. 2022. ISSN 2716-5108. Available at: <http://journal.umg.ac.id/index.php/ghidzamediajurnal/article/view/4787>. Date accessed: 28 jan. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ghidzamediajurnal.v4i1.4787.
Section
Articles