PENGARUH PEMBERIAN PUPUK MKP DAN PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASILTANAMAN MELON (Cucumis melo L.)

Authors

  • Bagus Triyono Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Rahmad Jumadi University of Muhammadiyah Gresik
  • Wiharyanti Nur Lailiyah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/tropicrops.v8i2.10625

Abstract

Melon merupakan salah satu komoditas yang digemari masyarakat, dalam budidaya melon kebayakan petani hanya menggunakan pupuk kimia atau anorganik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan dan hasil tanaman melon terhadap pemberian kombinasi pupuk kimia (MKP) dan organik (POC). Dilaksanakan pada area ladang Desa Baron, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, ketinggian tempat 15 Mdpl, dengan jenis tanah grumusol. Penelitian akan dilaksanakan pada bulan Desember 2024 - Maret 2025. Variabel pertumbuhan meliputi : tinggi tanaman, diameter batang dan jumlah daun. Variabel hasil meliputi : bobot buah/petak, bobot buah/ha, diameter buah, brix dan brangkasan basah. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dua faktor dengan total 6 perlakukan dan 3 ulangan, menggunakan 6 sampel tanaman per petak. Faktor yang digunakan adalah dosis pupuk MKP dan POC dengan masing-masing 3 taraf. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh nyata pada semua variabel pengamatan. Perlakuan tunggal dosis MKP menunjukkan pengaruh nyata pada variabel hasil : berat buah, diameter buah, tingkat kemanisan dan brangkasan. Perlakuan tunggal POC menunjukkan adanya perngaruh nyata pada variabel pertumbuhan : panjang tanaman, jumlah daun dan diameter batang.

Downloads

Published

2025-08-26

How to Cite

Bagus Triyono, Jumadi, R., & Wiharyanti Nur Lailiyah. (2025). PENGARUH PEMBERIAN PUPUK MKP DAN PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASILTANAMAN MELON (Cucumis melo L.). TROPICROPS (Indonesian Journal of Tropical Crops), 8(2), 93–102. https://doi.org/10.30587/tropicrops.v8i2.10625

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>