IMPLEMENTASI ISLAMIC ENTREPRENEURSHIP DI SMPIT ALIBRAH GRESIK

  • Maskinah Maskinah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Hamim Farhan Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Abstrak: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Islamic Entrepreneurship di SMP IT Al Ibrah Gresik, dan untuk mengetahui apakah faktor pendukung dan penghambat dalam program tersebut. Target dari penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bagian kurikulum, para guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Islamic Entrepreneurship yang di jalankan di SMP IT AL Ibrah Gresik telah berjalan dengan baik. Hal ini di tunjukkan dengan adanya perubahan karakter Islamic Entrepreneurship dari peserta didik berupa kemandirian, kretifitas, bekerja sama, percaya diri dan komunikatif. Penanaman karakter Islamic Entrepreneurship diintegrasikan ke dalam berbagai program dan mata pelajaran terkait, yaitu pekan entrepreneur atau praktik berwirausaha, muatan lokal seperti program social of tafakur yang berlangsung dengan melibatkan peserta didik ke dalam masyarakat, dan budaya sekolah. Faktor pendukung dari program terkait adalah adanya tim yang solid dari para guru dan semua citivas sekolah dalam menjalankan program yang telah dicanangkan, fasilitas dan kurikulum yang ada, dan antusias peserta didik dalam menjalankannya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah perlunya sosialisasi terhadap para wali peserta didik yang belum memahami pentingnya program ini di jalankan karena kekhawatiran terjadi kesulitan bagi peserta didik. Akan tetapi setelah program ini berjalan semua pihak dapat bekerja sama dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 4, 2020
How to Cite
MASKINAH, Maskinah; FARHAN, Hamim. IMPLEMENTASI ISLAMIC ENTREPRENEURSHIP DI SMPIT ALIBRAH GRESIK. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 21, n. 1, p. 103-114, apr. 2020. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/1382>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1382.