Keterlibatan Anak dalam Sepak Bola Akar Rumput: Aspek Psikologis dan Perkembangan Atlet Muda
DOI:
https://doi.org/10.30587/psikosains.v17i1.8574Keywords:
Dukungan Orangtua, Grassroots Football, Anak Usia Dini, SepakbolaAbstract
Latar Belakang: Pembinaan sepakbola pada level grassroot menjadi tantangan bagi sebagian orangtua, hal ini karena aspek-aspek yang ada dalam pembinaan sepakbola grassroot memerlukan manajemen waktu serta finasial yang baik dari para orangtua. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran orangtua dan manfaat sepakbola bagi anak-anak usia dini melalui pendekatan kualitatif. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan teori yang mendalam. Sebanyak 10 partisipan menjadi sumber informasi pada penelitian ini yang terdiri dari lima pelatih dan lima orang tua pemain sepakbola akar rumput. Melalui wawancara semi terstruktur, observasi, dan analisis dokumen menjadi cara peneliti mengumpulkan data. Informasi yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan tema yang telah ditentukan. Hasil: Berdasarkan temuan ini, sepak bola memberikan berbagai manfaat yang signifikan bagi anak-anak di usia dini, baik dalam aspek fisik, sosial, psikologis bagi anak. Orangtua dan pelatih yang menjadi partisipan dalam penelitian ini melihat sepakbola sebagai alat yang efektif untuk mendukung kesehatan fisik, mengurangi kecanduan gadget, meningkatkan keterampilan sosial, serta membentuk karakter anak-anak menjadi disiplin dan bertanggung jawab. Kesimpulan: Pembinaan sepak bola pada anak usia dini dapat dianggap sebagai investasi jangka panjang yang bermanfaat untuk perkembangan anak secara keseluruhan, baik dalam aspek kesehatan, keterampilan sosial, maupun peluang karier di masa depan.
References
Akbar, A., & Cahyani, F. I. (2024). Integrating sport psychology in grassroots football : enhancing performance and well-being Jurnal Patriot Integrating sport psychology in grassroots football : enhancing performance and well-being. Jurnal Patriot, 6(3), 82–88. https://doi.org/10.24036/patriot.v
Akbar, A., Karim, Z. A., Zakaria, J., Kurniawan, R., Imami, M. K. W., & Purnomo, E. (2023). The Current Practise and Challenges of the Grassroot Football Academy in Indonesia. International Journal of Disabilities Sports and Health Sciences, 7(1), 19–28. https://doi.org/10.33438/ijdshs.1368979
Almonacid-Fierro, A., de Carvalho, R. S., Sepúlveda-Vallejos, S., Méndez-Cornejo, J., & Aguilar-Valdés, M. (2024). Teaching grassroots soccer: a systematic review of literature. Pedagogy of Physical Culture and Sports, 28(1), 53–62. https://doi.org/10.15561/26649837.2024.0106
Anzeli, R., Firlando, R., & Syafutra, W. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Keterampilan Smash Bola Voli Pada Rajawali Club. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(01), 110–117. https://doi.org/10.31539/jpjo.v5i1.2875
Arsyad, M. F., Yaslindo, Arsil, & Putra, A. N. (2022). Kondisi Fisik Pemain Sekolah Sepakbola Muspan Football Club Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 5(9), 92–98. https://doi.org/10.24036/jpo142019
Cahyani, F. I., & Marheni, E. (2019). Karakter dan Motivasi Terhadap Prestasi Atlet Usia Muda PASI. Jurnal Patriot, 152–159.
Corbin, J. M., & Strauss, A. (1990). Grounded theory research: Procedures, canons, and evaluative criteria. Qualitative Sociology, 13(1), 3–21.
Emral, & Yudhi, A. A. (2021). Pelatihan Coaching Clinic Festival FIFA Grassroots Pelatih Sepakbola Se-Kabupaten 50 Kota. Journal Berkarya Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–5. http://jba.ppj.unp.ac.id/index.php/jba/article/view/75
Febrianto, & Erdiyanti. (2020). Teknik Dasar Sepakbola Untuk Anak Usia 11-12 Tahun. JurnalEducatio FKIP UNMA, 6(2), 696–702. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.492
Garamvölgyi, B., Bardocz-Bencsik, M., & Dóczi, T. (2022). Mapping the role of grassroots sport in public diplomacy. Sport in Society, 25(5), 889–907. https://doi.org/10.1080/17430437.2020.1807955
Humaid, H., & Yohannes Wattimena, F. (2019). The Role of Parent for Their Children’s Confidence in Soccer Activity U-11 Players. 2nd International Conference on Sports Sciences and Health 2018 (ICSSH 2018) The, 7, 208–211. https://doi.org/10.2991/icssh-18.2019.49
Jannah, M., Permadani, F. D., & Widohardhono, R. (2022). Motivasi Berprestasi Olahraga Pada Atlet Pelajar Ketika Pandemi Covid-19 Di Jawa Timur. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(1), 60. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.8082
Kardiyanto, D. W. (2015). Membangun Kepribadian dan Karakter Melalui Aktifitas Olahraga. Penjaskesrek FKIP UNS Journal Of Phedheral, 10(1), 56–67.
Larsen, T., Van Hoye, A., Tjomsland, H. E., Holsen, I., Wold, B., Heuzé, J. P., Samdal, O., & Sarrazin, P. (2015). Creating a supportive environment among youth football players: A qualitative study of French and Norwegian youth grassroots football coaches. Health Education, 115(6), 570–586. https://doi.org/10.1108/HE-04-2014-0054
Lebar, O. (2021). Kajian kualitatif: pengenalan kepada teori dan metode edisi kedua. Tanjung Malim: Universiti Pendidikan Sultan Idris.
Marheni, E., Cahyani, F. I., & Purnomo, E. (2019). Implementation of Motor Learning on Social Skills in Children. Advances in Health Sciences Research, Volume 35 Proceedings of the 1st International Conference on Sport Sciences, Health and Tourism (ICSSHT 2019) Implementation, 35, 83–87. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.210130.016
Marheni, E., Purnomo, E., & Cahyani, F. I. (2018). The Role of Motivation in Increasing Achievement : Perspective Sports Psychology. Advances in Health Science Research (AHSR), Volume 7 2nd International Conference on Sports Sciences and Health 2018 (ICSSH 2018) The, 7, 59–62. https://doi.org/10.2991/icssh-18.2019.14
Marheni, E., Purnomo, E., & Cahyani, F. I. (2019). Learning Character Values Through Assignment of Audio-Visual Media. The 3rd International Conference on Sports Sciences and Health 2019, 29(Icssh 2019), 32–36.
Maulana, F., & Putra, A. N. (2022). Pembinaan Pemain Sekolah Sepakbola Grassroots s se-Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 5(10), 71–79.
Murray, P., Lord, R., & Lorimer, R. (2022). ‘It’s just a case of chipping away’’: A postfeminist analysis of female coaches’ gendered experiences in grassroots sport.’ Sport, Education and Society, 27(4), 475–488. https://doi.org/10.1080/13573322.2020.1867527
O’Rourke, B., & Nandi, A. (2019). New speaker parents as grassroots policy makers in contemporary Galicia: ideologies, management and practices. Language Policy, 18(4), 493–511. https://doi.org/10.1007/s10993-018-9498-y
Palou, P., Pulido, D., Borràs, P. A., & Ponseti, F. J. (2020). Analysis of parents’ behaviour in grassroots football from a systematic observation. Journal of Human Sport and Exercise, 15(2), 387–399. https://doi.org/10.14198/jhse.2020.152.13
Purnomo, E., Aisyah, S., Hadjarati, H., Azis, A. C. K., Suardika, I. K., Jermaina, N., Nurkhoiroh, & Gumilar, A. (2024). The Coach’s Role in Understanding the Athletes’ Condition: Maximizing Communication Functions El papel del entrenador en la comprensión de la condición de los deportistas: maximizar las funciones de comunicación. Retos, 2041, 543–551. https://doi.org/10.47197/retos.v55.105991
Rohman, U. (2018). Profil Kompetensi Pelatih Sepakbola Usia Dini. Journal Sport Area, 3(2), 179–190. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/
Rubiyatno, B, P. S., & Suryadi, D. (2023). Physical Fitness Profile Analysis : Survey Study On Extracurricular Football Students. IJPESS - Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 3(2), 184–190. https://doi.org/10.52188/ijpess.v3i2.470
Sampol, P. P., Salas, D. P., Rotger, P. A. B., & Verdaguer, F. J. P. (2019). A socioeducational intervention about parental attitudes in grassroots football and its effects. Sustainability (Switzerland), 11(13), 5–10. https://doi.org/10.3390/su11133500
Septiana, R. A., Santosa, A., & Budiman, A. (2021). Model Pembelajaran Sepakbola bagi Anak Usia Dini. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 4(01), 29–35. https://doi.org/10.35724/mjpes.v4i01.3862
Sin, T. H. (2016). Persiapan Mental Training Atlet Dalam Menghadapi Pertandingan. Jurnal Performa Olahraga, 1(1), 61–73. https://doi.org/10.24036/jpo76019
Sin, T. H., & Cahyani, F. I. (2022). Character education to improving student learning outcomes. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 10(1), 12–19. https://doi.org/10.29210/169800
Sin, T. H., & Prasetia, I. (2021). Correlation Between Emotional and Eye-Hand Coordination Ability Towards Passing Ability in Volleyball. Proceedings of the 1st International Conference on Sport Sciences, Health and Tourism (ICSSHT 2019) Correlation, 35(Icssht 2019), 36–40. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.210130.008
Strauss, A., & Corbin, J. (1990). Basic qualitative research: Grounded theory, procedures, and techniques. Newbury Park, CA: Sage
Umstattd Meyer, M. R., Bridges Hamilton, C. N., Prochnow, T., McClendon, M. E., Arnold, K. T., Wilkins, E., Benavidez, G., Williams, T. D., Abildso, C. G., & Pollack Porter, K. M. (2019). Come together, play, be active: Physical activity engagement of school-age children at Play Streets in four diverse rural communities in the U.S. Preventive Medicine, 129(September). https://doi.org/10.1016/j.ypmed.2019.105869
Yngvar Ommundsen, Abrahamsen, F., Glyn C. Roberts, & Pierre-Nicolas Lemyre. (2013). The role of motivational climate for sense of vitality in organized youth grassroots football players: Do harmonious and obsessive types of passion play a mediating role? IJASS(International Journal of Applied Sports Sciences), 25(2), 102–117. https://doi.org/10.24985/ijass.2013.25.2.102
Yuliawan, D. (2016). Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Journal Sportif, 2(1), 101–112