APAKAH PENGHAFAL AL-QURAN MEMILIKI KECERDASAN EMOSIONAL TINGGI?
DOI:
https://doi.org/10.30587/psikosains.v19i2.5806Keywords:
Kata kunci : kecerdasan emosional, menghafal Al-Qur’an, tahfidzAbstract
Dalam menghafal Al-Qur’an menuntut kemampuan mengendalikan kecerdasan emosional. Sedangkan siswa mudah putus asa, kurang keberanian sehingga hafalan menumpuk dan tertunda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an dan tingkat kecerdasan emosional siswa di SMP Unggulan Al-Furqon Kota Baru Driyorejo Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi dengan subjek adalah siswa kelas VIII SMP Unggulan Al-Furqon Kota Baru Driyorejo Gresik sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes lisan, interview, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa Kecerdasan Emosional siswa SMP Unggulan Al-Furqon Kota Baru Driyorejo Gresik memperoleh kategori sedang (54%), kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa SMP Unggulan Al-Furqon Kota Baru Driyorejo Gresik memperoleh kategori sedang (50%). Hasil perhitungan rumus rhitung (16,583) lebih besar dari nilai rtabel (9,49) dengan taraf signifikan 5%. Hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an.
Kata kunci : kecerdasan emosional, menghafal Al-Qur’an, tahfidz
References
Chusna, P. A., & Rohmah, N. (2022). Pengaruh Program Tahfidzul Qur'an Terhadap Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah MWB Bajang Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. ProceedingInternationalSeminaronIslamicEducationandPeace, 403-412.
Garnistia, E. (2022, Mei 28). brainacademy.id/blog/pintar-secara-emosional. Retrieved from https://www.brainacademy.id/blog/pintar-secara-emosional: https://www.brainacademy.id/blog/author/elisabeth-garnistia
Khusnul Khotimatul Maulidiyah, M. W. (2021). Pengembangan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Santri Melalui Program Tahfidz Di Pondok Pesantren Roudlotul Qur'an Cilacap. Paramurobi, 63-69.
Maitrianti, C. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Kecerdasan Emosional . Mudarrisuna, 291-305.
Mansyur, S. (2019). Upaya Guru dalam Pembinaan Kedisiplinan Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 MOMUNU. Jurnal Kolaboratif Sains, 1031-1038.
Nugraha, E. (2018). Ngalap Berkah Qur'an: Dampak Membaca Al-Qur'an Bagi Pembacanya. Ilmu Ushuluddin, 113-131.
Priansyah, D., Sirozi, M., & Ismail, F. (2021). Korelasi Antara Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Dan Kecerdasan Emosional Dengan Program Tahfizul Qur'an Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Palembang . Tadrib, 185-200.
Rokim, & Ni’mah, F. (2022). Pengaruh Menghafal Al-Qur'an Terhadap Kecerdasan Emosional Santri Komplek Darul Amin Di PP Roudlotul Qur'an Tlogoanyar Lamongan . Akademika, 1-15.
tahfidz, G. (2020, juli 29). Wawancara. (D. Anika, Interviewer)
Thaib, E. N. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional . Didaktita, 284-399.
Zaini, M. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Guru Tahfidz terhadap Motivasi Menghafal Al-Quran. Psikoborneo, 529-540.