INOVASI PACKAGING UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK UMKM DI DESA MOJOASEM
Abstract
Pasar global terus berkembang dan persaingan bisnis semakin ketat sehingga
mendorong para pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mencari cara
baru dalam meningkatkan pemasaran produk mereka. Salah satu aspek yang penting dalam
pemasaran adalah packaging atau kemasan produk. Packaging yang menarik dan inovatif
dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi UMKM dalam menarik perhatian konsumen
dan mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan
mengembangkan inovasi packaging yang dapat meningkatkan pemasaran produk UMKM
Desa Mojoasem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan
pemilik UMKM dan observasi langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM
Desa Mojoasem belum memanfaatkan potensi inovasi packaging secara maksimal. Banyak
produk yang masih menggunakan kemasan konvensional yang kurang menarik dan tidak
mencerminkan identitas produk dan nilai-nilai Desa Mojoasem. Penelitian ini mengusulkan
sebuah inovasi packaging yang dapat diterapkan oleh UMKM Desa Mojoasem. Yaitu desain
kemasan yang menarik dapat menjadi daya tarik bagi konsumen. Dengan menerapkan inovasi
packaging yang diusulkan, diharapkan UMKM Desa Mojoasem dapat meningkatkan daya
saing produk mereka di pasar global.