PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DALAM MATERI DRAMA UNTUK SISWA KELAS V SD
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model bermain peran pada
materi drama dikelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis kualitatif deskriptif
untuk mengetahui keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari
penelitian ini menemukan informasi bahwa untuk melihat keberhasilan penggunaan model
pembelajaran bermain peran sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada
siswa kelas V terutama dalam materi drama dapat dilihat kesesuaian dengan indikator
pemilihan kata, ketepatan ucapan, ketepatan sasaran pembicara, keberanian dan ekspresi. Perlu
adanya perhatian dari sektor pendidikan untuk mendukung kegiatan ini sehingga program
akan terus berkelanjutan yang bermanfaat untuk siswa sebagai tempat mengekspresikan
kreativitasnya, dan juga mengembangkan potensi minat dan bakatnya masing-masing.