SOSIALISASI MENGELOLA UANG SAKU DAN CARA MENABUNG ANAK SEKOLAH DASAR SERTA MENGENALKAN WIRAUSAHA SEKTOR KECIL DI KELAS 3 DAN 6 UPT SDN 110 GRESIK DESA KLAMPOK KECAMATAN BENJENG KABUPATEN GRESIK

  • Khofifah Destriana Pratiwi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Muhammad Tariq Arrahman Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Gheofani Oky Rahmansyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Heru Baskoro Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Desa Klampok adalah desa yang berada di Kecamatan Benjeng, kabupaten Gresik, yang mempunyai luas wilayah sekitar 237.918 Ha dengan batas utara Sungai serayu/ Kabupaten Purbalingga, sebelah selatan Desa Kalilandak dan Desa Purwareja, sebelah timur Desa Kalimandi, dan sebelah barat Sungai Serayu/Kabupaten Purbalingga. Desa Klampok terdiri dari 5 dusun yaitu Purwasari, Klampok, Kemangunan, Besaran, dan Binangun. Tepatnya di Dusun Klampok SDN 110 ini berada yang mana saat ini sedang menempuh pendidikan semester gasal. Meskipun keadaan sedang tidak baik-baik saja karena pandemic covid-19, kegiatan belajar mengajar di sekolah ini masih berjalan seperti pada umumnya. Dengan tetap menjaga dan mentaati protokol kesehatan, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik menyalurkan ilmunya disela-sela aktivitas pembelajaran. Menabung saat ini merupakan hal yang penting, karena tabungan memiliki peranan penting di masa depan. Dengan ditanamkan menabung kepada siswa-siswi SDN 110 Gresik, diharapkan mampu menumbuhkan kembali kebiasaan menabung pada generasi muda. Melalui kegiatan sosialisasi mengenai gerakan menabung dan berwirausaha. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang literasi keuangan melalui menabung dan berwirausaha. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka menggunakan metode penyampaian materi sosialisasi dengan teknik penyuluhan, tanya jawab, kuis, serta menambahkan permainan. Tujuannya agar para siswa tidak jenuh dan juga melatih kreativitas dengan kegiatan yang menyenangkan yang diajarkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 24, 2023
How to Cite
PRATIWI, Khofifah Destriana et al. SOSIALISASI MENGELOLA UANG SAKU DAN CARA MENABUNG ANAK SEKOLAH DASAR SERTA MENGENALKAN WIRAUSAHA SEKTOR KECIL DI KELAS 3 DAN 6 UPT SDN 110 GRESIK DESA KLAMPOK KECAMATAN BENJENG KABUPATEN GRESIK. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 103-108, oct. 2023. ISSN 3030-8895. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/prosidingkkn/article/view/6596>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/prosidingkkn.v1i1.6596.
Section
Articles