Representasi Siswa SMK dalam Memecahkan Masalah Program Linear Ditinjau dari Gaya Belajar
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan representasi siswa SMK yang memiliki gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dalam memecahkan masalah program linear. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini digunakan tiga siswa kelas XI SMK sebagai subjek penelitian yang masing-masing memiliki gaya belajar visual (S-2), gaya belajar auditori (S-8), dan gaya belajar kinestetik (S-29). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian angket, tes dan wawancara. Instrumen utama adalah peneliti dan insturmen pendukung adalah instrumen angket gaya belajar, instrumen tes kemampuan matematika, tugas pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mendapatkan data penelitian yang valid, dalam penelitian ini digunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini berupa deskripsi matematis dari siswa SMK dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dalam memecahkan masalah program linear untuk setiap tahap pemecahan masalah Polya yaitu tahap memahami masalah, tahap merencanakan, tahap melaksanakan rencana, dan tahap memeriksa kembali.
Kata-Kata Kunci: Representasi, Pemecahan Masalah Matematika, Program Linear, Gaya Belajar.
ABSTRACT
The purpose of this study is to describe the representation of vocational students who have visual, auditory, and kinesthetic learning styles in solving linear programming problems. This research is a qualitative descriptive study. In this study, three students of class XI SMK were used as research subjects, each of which has a visual learning style (S-2), an auditory learning style (S-8), and a kinesthetic learning style (S-29). Data collection techniques in this study were questionnaires, tests and interviews. The main instrument is the researcher and the supporting instruments are the learning style questionnaire instrument, the mathematical ability test instrument, the problem solving task and the interview guide. Data analysis in this study was carried out with steps, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Meanwhile, to obtain valid research data, time triangulation was used in this study. The results of this study are mathematical descriptions of vocational students with visual, auditory, and kinesthetic learning styles in solving linear programming problems for each stage of Polya's problem solving, namely the stage of understanding the problem, the stage of planning, the stage of implementing the plan, and the stage of re-examining.
Keywords : Representation, Solving Mathematics Problem, Linear Programming, Learning Style.