ANALISIS PERANCANGAN PRODUK KOPER RAK (KORAK)
DOI:
https://doi.org/10.30587/justicb.v4i2.7183Keywords:
Perancangan desain, Koper rak, Penentuan harga, Economic Order QuantityAbstract
Traveling merupakan salah satu kebutuhan sekunder manusia. Untuk berpergian pastinya kita membutuhkan koper untuk membawa barang sepanjang perjalanan. Dalam perancangan desain produk, tujuan dari pembuatan koper rak untuk meminimalisir barang bawaan saat berpergian. Dengan melihat permasalahan tersebut, kami berupaya menciptakan inovasi agar masyarakat dapat menyimpan barang banyak saat berpergian. dimana produk kita memiliki fitur unggulan yakni rak yang terletak didalam koper dan juga beberapa fitur lainnya seperti sensor pelacak dan tempat pengisian daya. Bahan yang kita gunakan juga memiliki keunggulan dari produk koper biasa yang mana menggunakan bahan ballistic nylon, bahan alas rak yang didalam koper menggunakan polyster dan produk koper kita juga memiliki 3 ukuran yang berbeda, dengan menggunakan metode Economic Order Quantity bertujuan untuk membantu perusahaan dalam mengatasi masalah pengendalian persediaan bahan baku Economic Order Quantity. Hasil dari penelitian ini mendapatkan payback period setelah 2 tahun, NPV dengan nilai Rp 77.189.126 sehingga produksi layak dijalankan, IRR=59% (IRR>MARR) Proyek diterima, dan mendapatkan BEP sebanyak Rp 62,583. Produk Koper Rak ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan untuk berpergian dengan lebih mudah membawa banyak barang.
References
Almira Amelia, and JE Sutanto. 2018. “Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison Nob.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis 3(2):250–59.
Anggariani, Putu, Gusti Ngurah, and Darma Paramartha. 2021. “Digital Tourism Transformation (Virtual Traveling) Sebagai Solusi Dampak Covid-19 Pada Sektor Pariwisata Di Desa Kampial Bali.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 04:71–77.
Dwiyanti, Dessy. 2022. “Aplikasi Metode Material Requirement Planning (MRP) Pada CV. Kana Permadi Dalam Merencanakan Kebutuhan Bahan Baku.” Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan 4(8):3744–54. doi: 10.32670/fairvalue.v4i8.1606.
Faishol, Muh, Sri Hastuti, Millatul Ulya Program Studi Teknologi Industri Pertanian Fakultas Pertanian UTM Korespondensi, and Jl Raya Telang Kamal Bangkalan. 2013. “Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi Pabrik Tahu Srikandi Junok Bangkalan.” Agrointek 7(2):57–65.
Mahendra, Ahmad Fian, Moh Jufriyanto, and Akhmad Wasiur Rizqi. 2022. “Pengendalian Persediaan Bahan Baku Singkong Dengan Metode EOQ (Studi Kasus Di UMKM Kuncoro Gresik).” Serambi Engineering 7(3):3481–87.
Manuho, Priskila, Zevania Makalare, Trixie Mamangkey, and Novi Swandari Budiarso. 2021. “Analisis Break Even Point (Bep).” Jurnal Ipteks Akuntansi Bagi Masyarakat 5(1):21. doi: 10.32400/jiam.5.1.2021.34692.
Noviastuti, Nina. 2022. “Upaya Meningkatkan Penjualan Menggunakan Metode Marketing Mix Di Pt.Mega Finance Yogyakarta.” Jurnal Nusantara (Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Perhotelan) 5(1):30–37.
Nugraha, Yoga Adi, Ratih Kumalasari Niswatin, and Risa Helilintar. n.d. Penerapan Metode EOQ Untuk Analisa Penjualan Produk UMKM Di Kabupaten Nganjuk. Vol. 6.
Poluan, F. M. A., S. L. Mandey, and I. W. J. Ogi. 2019. “Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Minuman Kesehatan Instant Alvero).” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 7(3):2969–78.
Rahim, Endang, and Roni Mohamad. 2021. “Strategi Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Dalam Perspektif Syariah.” MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah) 2(1):15–26. doi: 10.54045/mutawazin.v2i1.234.
Stevanie S., Brenda, Ani Wijayanti S., and Alvin Raditya. 2016. “Perancangan Destination Branding Sentra Industri Tas Dan Koper Sebagai Wisata Belanja Di Tanggulangin.” Jurnal DKV Adiwarna 1(8):10.
Suminar S, Ratna, Helena Sitorus, Denny Siregar, and Khoirul Umam. 2022. “Strategi Perencanaan Persediaan Bahan Baku Digital Parking Sensor Dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Melalui Forecasting Di PT. WJI.” Jurnal Ilmiah Vastuwidya 5(2):69–76. doi: 10.47532/jiv.v5i2.672.
Susanti, Noevie, Hamid Halin, and M. Kurniawan. 2018. “PENGARUH BAURAN PEMASARAN (4P) TERHADAP KEPUTUSANPEMBELIAN PERUMAHAN PT. BERLIAN BERSAUDARA PROPERTINDO (Studi Kasus Perumahan Taman Arizona 1 Taman Arizona 2 Dan Taman Arizona 3 Di Talang Jambi Palembang).” Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini 8(1):43–49. doi: 10.36982/jiegmk.v8i1.298.
Wavi, Fadhli, and Yasdinul Huda. 2021. “Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Backward Chaining Pada Aplikasi Web Mandeh Traveling Pada Kawasan Mandeh Berbasis Framework Codeigniter.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(3):9820–45.