Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) proses produksi pada TEFA (Teaching Factory) (Studi Kasus: Smk Manbaul Ulum)

  • Novi Nur Hidayanti Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Moch. Nuruddin Universitas Muhammadiyah Gresik
  • hidayat hidayat Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Perancangan SOP sangat penting dilakukan di SMK Manbaul Ulum untuk memperjelas alur kerja dalam proses produksi. Hal ini digunakan untuk menjadikan siswa lebih memahami praktik, dan juga menjadikan siswa lebih mandiri dan siap terjun ke lingkungan kerja nantinya. SOP dalam kegiatan produksi harus diterapkan sejak dini agar siswa dapat terbiasa dengan pekerjaan yang akan mereka hadapi nanti di dalam dunia kerja. Oleh karena itu, perlu dibuat suatu standar operasi sehingga langkah-langkah dalam suatu prosedur tidak berubah. Hasil dari pembahasan pada penelitian ini yaitu:Standard Operating Prosedure (SOP) proses pemotongan Manbaul Ulum telah tersusun dengan menggunakan flowchart swimlane dan naratif, Standard Operating Prosedure (SOP) proses laminating & edging, Standard Operating Prosedure (SOP) proses boring, Standard Operating Prosedure (SOP) proses assembling pada teaching factory di SMK Manbaul Ulum telah tersusun dengan menggunakan flowchart swimlane san naratif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 31, 2022
How to Cite
HIDAYANTI, Novi Nur; NURUDDIN, Moch.; HIDAYAT, hidayat. Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) proses produksi pada TEFA (Teaching Factory) (Studi Kasus: Smk Manbaul Ulum). JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 301-306, jan. 2022. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/3673>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v2i2.3673.
Section
Articles