PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PROMOSI, BRAND AMBASSADOR, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA J&T EXPRESS GRESIK MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER BERGANDA

  • M Adhen Bagas Starda Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Said Salim Dahda Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Dzakiyah Widyaningrum Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, promosi, brand ambassador, dan citra merek terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa J&T secara parsial dan simultan menggunakan metode regresi linier berganda. Variabel dalam penelitian ini meliputi kualitas pelayanan (X1), Promosi (X2), Brand ambassador (X3), Citra Merek (X4), Dan Keputusan Pembelian (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa ekspedisi di J&T Express Gresik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dari responden berupa penilaian terhadap masing-masing variabel dianalisis dengan menggunakan analisis regresi bertahap. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) di J&T Express Gresik dengan nilai t hitung sebesar 3,096 dan nilai signifikasi 0,003, Promosi (X2) berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) di J&T Express Gresik dengan nilai t hitung sebesar 2,842 dan nilai signifikasi 0,005, Brand Ambassador (X3) berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) di J&T Express Gresik dengan nilai t hitung sebesar 2,638 dan nilai signifikasi 0,010, Citra Merek (X4) berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) di J&T Express Gresik dengan nilai t hitung sebesar 2,172 dan nilai signifikasi 0,032, dan Kualitas Pelayanan (X1), Promosi (X2), Brand Ambassador (X3), dan Citra Merek (X4) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian (Y) di J&T Express Gresik dengan nilai F hitung sebesar 27,367 dan nilai signifikansi sebesar 0.000

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 31, 2022
How to Cite
STARDA, M Adhen Bagas; DAHDA, Said Salim; WIDYANINGRUM, Dzakiyah. PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PROMOSI, BRAND AMBASSADOR, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA J&T EXPRESS GRESIK MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER BERGANDA. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 278-289, jan. 2022. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/3669>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v2i2.3669.
Section
Articles