KEFEKTIFAN E-BOOK BERBASIS PBL PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

KEFEKTIFAN E-BOOK BERBASIS PBL PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Christanty Rahayu Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Khoirul Anwar Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v7i2.7064

Keywords:

E-Book , Problem Based Learning (PBL), Bahasa Jawa

Abstract

Abstrak: Observasi di UPT SDN 51 Gresik diperoleh data dari 20 siswa, yang mencapai KKTP pada mata Pelajaran Bahasa Jawa materi unggah-ungguh basa hanya ada 2 siswa. Penyebabnya belum ada media pembelajaran yang membuat siswa termotivasi mengikuti proses belajar. Media pembelajaran yang menarik, dapat memotivasi siswa mengikuti proses belajar. Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui Tingkat keefektifan E-Book  berbasis PBL pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu mix methods. Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan pretest-posttest soal, sedangkan data kualitatif dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Desain penelitian ini yaitu OneGroup Pretest-Posttest. Siswa kelas IV UPT SDN 51 Gresik yang berjumlah 20 siswa menjadi subyek pada penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan pre dan posttest soal serta lembar observasi. Hasil penelitian mengindikasikan adanya perbandingan rata-rata hasil belajar siswa sebelum dengan sesudah menggunakan media E-Book  berbasis PBL. Perbedaan ini ditunjukkan dengan nilai t = -18.242 dan p = 0,000. Nilai t yang negatif menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sesudah diterapkan E-Book  berbasis PBL mengalami peningkatan daripada hasil belajar siswa saat belum diterapkan E-Book  berbasis PBL. Nilai p yang sangat kecil (< 0,05) menunjukkan bahwa perbedaan hasil belajar siswa tersebut signifikan. Rata-rata hasil belajar Bahasa jawa siswa kelas IV setelah diterapkannya E-Book  lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan E-Book . Hal tersebut membuktikan, E-Book  berbasis PBL efektif diimplementasikan pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas IV Sekolah Dasar terbukti melalui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan E-Book  berbasis PBL.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Rahayu, C., & Anwar, K. (2024). KEFEKTIFAN E-BOOK BERBASIS PBL PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV SEKOLAH DASAR: KEFEKTIFAN E-BOOK BERBASIS PBL PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 7(2), 197–202. https://doi.org/10.30587/jtiee.v7i2.7064

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.