KEFEKTIFAN E-BOOK BERBASIS PBL PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
KEFEKTIFAN E-BOOK BERBASIS PBL PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Observasi di UPT SDN 51 Gresik diperoleh data dari 20 siswa, yang mencapai KKTP pada mata Pelajaran Bahasa Jawa materi unggah-ungguh basa hanya ada 2 siswa. Penyebabnya belum ada media pembelajaran yang membuat siswa termotivasi mengikuti proses belajar. Media pembelajaran yang menarik, dapat memotivasi siswa mengikuti proses belajar. Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui Tingkat keefektifan E-Book berbasis PBL pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu mix methods. Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan pretest-posttest soal, sedangkan data kualitatif dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Desain penelitian ini yaitu OneGroup Pretest-Posttest. Siswa kelas IV UPT SDN 51 Gresik yang berjumlah 20 siswa menjadi subyek pada penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan pre dan posttest soal serta lembar observasi. Hasil penelitian mengindikasikan adanya perbandingan rata-rata hasil belajar siswa sebelum dengan sesudah menggunakan media E-Book berbasis PBL. Perbedaan ini ditunjukkan dengan nilai t = -18.242 dan p = 0,000. Nilai t yang negatif menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sesudah diterapkan E-Book berbasis PBL mengalami peningkatan daripada hasil belajar siswa saat belum diterapkan E-Book berbasis PBL. Nilai p yang sangat kecil (< 0,05) menunjukkan bahwa perbedaan hasil belajar siswa tersebut signifikan. Rata-rata hasil belajar Bahasa jawa siswa kelas IV setelah diterapkannya E-Book lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan E-Book . Hal tersebut membuktikan, E-Book berbasis PBL efektif diimplementasikan pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas IV Sekolah Dasar terbukti melalui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan E-Book berbasis PBL.