Penerapan Cooperative Learning Tipe Thing Pair Share dengan Media Circulatory Bottle pada Volume Kelas Besar terhadap Hasil Belajar IPA
Abstract
Penelitan ini betujuan untuk mengamati hasil belajar siswa SDN 49 Gresik. Metode penelitian ini menggunkan metode campuran(mix method) dengan desain sequential eksplanatori menggunakan penelitian kuantitatif pra experimental pada pretest dan posttest. Pengumpulan data kualitatif melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Subjek peniltian 32 peserta didik kelas V UPT SD Negeri 49 Gresik yang dipilih menggunakan metode penelitian campuran(mix method). Hasil yang diteliti memperlihatkan data pretest dan post test pada kelas ekperimen dianalisis menggunakan uji normalitas memiliki distribusi normal dengan tingkat signifikansi sebesar 0,322 > 0,05 dan untuk kelas kontrol 0,200 > 0,05. uji independent sample t-test hasil thitung sebesar 0,074 dengan nilai signifikan 0,05 (0,074 < 0,05) diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,05. Hasil uji gain diperoleh nilai mean kelas eksperimen dengan nilai 75,7% yang memperlihatkan bahwa rata-rata hasil berada pada tingkat yang tinggi keberhasilan penerapan pembelajaran cooperative learning tipe thing pair share dengan menggunakan media circulatory bottle dalam hasil belajar kelas V di UPT SDN 49 Gresik sedangkan untuk kelas kontol memperlihatkan bahwa rata-rata hasil berada pada tingkat yang sedang keberhasilan sebesar 36.5%. Hasil data kualitatif memperlihatkan bahwa penggunaan media circulatory bottle menerapkan pembelajaran kooperatif dan juga penggunaan media circullatory bottle pemberian pemahaman peserta didik pada kelas besar dalam penguasaan materi peredaaran darah. Dengan demikian penelitian ini dapat menjadi dasar penerapan pembelajaran kooperatif dengan media circulatory bottle lebih efektif dalam hasil belajar peserta didik.