Film Animasi Kepahlawanan Pada Pembelajaran PKN Untuk Menumbuhkan Kerja Sama Dan Percaya Diri Peserta Didik

  • ajeng dwi yuniarti Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Khoirul Anwar Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan percaya diri peserta didik melalui film animasi. Metode dalam penelitian menggunakan mix method dengan data kualitatif dan kuantitaif. Data kualitatif diperoleh dari wawancara dan angket untuk peserta didik, sedangkan data kuantitatif di dapat dari hasil angket. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam dengan memilih peserta didik yang sangat terlihat perubahannya. Untuk angket menggunakan skala Guttman dengan jawaban “ya” dan “tidak” serta menggunakan pertanyaan positif dan pertanyaan negatif. Hasil dari angket kerjasama peserta didik menunjukkan bahwa untuk pertanyaan negatif mendapat rata-rata 87% yang termasuk kategori sangat baik dan pertanyaan positif mendapat rata-rata 78% yang termasuk kategori baik. Dapat diperoleh hasil dari angket percaya diri menunjukkan bahwa untuk pertanyaan negatif mendapat rata-rata 81% tergolong kategori baik dan pertanyaan positif mendapat 84% tergolong kategori baik. Film animasi dapat memberikan kontribusi untuk peserta didik dalam meningkatkan kerjasama dan percaya diri, dapat dibuktikan peserta didik memenuhi indikator dari masing-masing variabel. Hasil penelitian ini menjawab dari rumusan masalah yaitu penerapan film animasi pada kelas IV memberikan dampak yang positif bagi peserta didik pada kerjasama dan percaya diri dengan menggunakan film animasi dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 24, 2024
How to Cite
YUNIARTI, ajeng dwi; ANWAR, Khoirul. Film Animasi Kepahlawanan Pada Pembelajaran PKN Untuk Menumbuhkan Kerja Sama Dan Percaya Diri Peserta Didik. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), [S.l.], v. 7, n. 2, p. 170-178, dec. 2024. ISSN 2599-2716. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/7016>. Date accessed: 08 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v7i2.7016.
Section
Articles