Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sdn Prambangan-Gresik

Authors

  • Denny Silfiani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Iqnatia Alfiansyah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1133

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Hasil Belajar Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pembelajaran yang digunakan oleh guru di dalam kelas masih menggunakan metode ceramah akibatnya peserta didik kurang aktif, cepat jenuh dan bosan menerima pembelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga dari latar belakang tersebut peneliti dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) yang bertujuan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada kelas V mata pelajaran PKn. Desain penelitian yang akan digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 23 peserta didik kelas V SDN Prambangan. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik serta tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan observasi awal data hasil belajar peserta didik yang mengalami ketuntasan ada 61% kemudian dilaksanakan penelitian siklus 1 peserta didik yang dinyatakan tuntas sebesar 78% maka dapat dikatakan ketuntasan peserta didik sudah mencapai indikator keberhasilan.

Downloads

Published

2019-05-30

How to Cite

Silfiani, D., & Alfiansyah, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sdn Prambangan-Gresik. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 71–79. https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1133

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.