PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini mengacu pada rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran karena metode-metode guru dalam mengajar kurang variatif, terlebih metode diskusi kelompok yang sering diterapkan oleh guru kurang sesuai. Menilik dari hal tersebut, perlu adanya solusi untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together). Tujuan penelitian ini untuk melihat aktivitas guru dan siswa serta mengetahui hasil belajar dan kendala penerapan pembelajaran kooperatif selama proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. NHT merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 5-6 orang siswa yang memiliki kemampuan berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III sekolah dasar. Kendala- kendala yang dihadapi, dalam siklus I maupun siklu II dapat teratasi dengan baik.